Menyambut Hari Raya Idul Adha 1445 H/2024 M, polisi diturunkan untuk mengamankan situasi keramaian di Pasar Hewan Purwantoro, Wonogiri.(Dok.Humas Polres Wonogiri)

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Menyambut Hari Raya Kurban 1445 H/2024 M, jajaran Polsek Purwantoro Polres Wonogiri, Sabtu (15/6/24), melakukan pengamanan pada keramaian di Pasar Hewan. Yakni melaksanakan pengaturan arus lalu lintas untuk mengantisipasi kerawanan, kemacetan dan kecelakaan di keramaian Pasar Hewan.

Bersamaan dengan Hari Pasaran Pon, Pasar Hewan Purwantoro yang terletak di tapal batas Wonogiri (Jateng)-Ponorogo (Jatim) tersebut, situasinya ramai dikunjungi para bakul dan warga masyarakat dari berbagai daerah. Mereka berdatangan dari Kabupaten Ponorogo dan Pacitan (Jatim) maupun dari berbagai wilayah kecamatan di Kabupaten Wonogiri. Kedatangan mereka, untuk melakukan pembelian hewan kurban di hari terkahir menjelang datangnya Hari Raya Idul Adha 1445 H/2024 M.

Kapolres Wonogiri AKBP Andi M Indra Waspada Amirullah melalui Kasi Humas Polres AKP Anom Prabowo, menyatakan, bersamaan dengan Hari Pasaran Pon dan menjelang Hari Raya Idul Adha 1445 H/2024 M, terjadi keramaian pada Pasar Hewan Purwantoro (skeitar 55 Kilometer arah timur Ibukota Kabupaten Wonogiri).

Pengamanan di keramaian Pasar Hewan Purwantoro, dilaksanakan dalam upaya memberikan pelayanan yang prima kepada masyarakat. Agar situasi Keamanan Ketertiban Kelancaran Lalulintas (Kamtibcarlantas), utamanya di keramaian Pasar Hewan Purwantoro dan sekitarnya, tetap berjalan kondusif dan terjauhkan dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Untuk mewujudkan hal tersebut, dilakukan penggelaran anggota ke jalan, guna melaksanakan Pos Ambang Gangguan (AG). Juga melakukan pengamanan pada penggal-penggal jalan dan pada titik rawan, sebagai bagian dari upaya menciptakan Kamtibcarlantas. Tujuannya, tidak terjadi keruwetan, kemacetan dan kerawanan terhadap gangguan Kamtibmas.

Langkah tersebut, sekaligus sebagai upaya pengamanan keramaian jam masuk sekolah dan masuk bekerja di pagi hari serta keramaian para bakul yang berpasaran di Pasar Hewan. Tujuannya, agar tercipta situasi aman, tertib dan lancar, meski pada jam-jam sibuk tersebut terjadi keramaian. Termasuk keramaian warga yang akan membeli hewan kurban di Pasar Hewan Purwantoro, Wonogiri.

Menurut AKP Anom Prabowo, pengamanan tersebut menjadi bagian pelaksanaan tugas kepolisian dalam memberikan pelayanan kepada publik. Itu dilakukan melalui sinergitas kebersamaan dengan aparat lintas sektoral dan para pihak yang terkait. Kepada masyarakat, diimbau untuk mengutamakan keselamatan ketika berlalu lintas. Yakni dengan mengedepankan sikap berhati-hati dan berdisiplin mentaati aturan yang berlaku.
Bambang Pur