Pendapa Kabupaten Kudus. Foto:dok

KUDUS (SUARABARU.ID) – Pj Bupati Kudus akan menggelar seleksi pengisian alias lelang jabatan untuk Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Pratama di tiga dinas yang ada di Kabupaten Kudus.

Pelaksanaan lelang jabatan tersebut dilakukan meski sudah mendekati pelaksanaan Pilkada.

Kepala Badan Kepegawaian Pelatihan Sumber Daya Manusia BKPSDM Putut Winarno mengatakan pelaksanaan seleksi pengisian jabatan tersebut sudah diumumkan secara terbuka melalui website resmi BKPSDM.

Dikatakan, seleksi ini dilaksanakan setelah turunnya Surat izin dari Mendagri tertanggal 3 Juni 2024 yang memberikan persetujuan tentang seleksi pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Pratama untuk tiga dinas.

“Jadi surat izin dari Mendagri sudah turun, sehingga pelaksanaan seleksi pengisian JPT Pratama ini mulai dilaksanakan,”kata Putut, Sabtu (15/6).

Lebih lanjut, dikatakan ada tiga posisi yang akan dilakukan seleksi diantaranya Kepala Dinas Perdagangan, Kepala Bappelitbangda dan Kepala Dinas PMD.

Pengisian ini dilaksanakan setelah dalam beberapa waktu jabatan mengalami kekosongan.

Berdasarkan pengumuman yang dirilis BKPSDM, peserta seleksi terbuka bagi semua PNS di lingkungan Provinsi Jawa Tengah dengan syara utama diantaranya telah menduduki jabatan eselon IIIa selama minimal dua tahun atau jabatan eselon IIIb minimal tiga tahun atau jabatan fungsional jenjang Madya minimal dua tahun.

Selain itu ada pula syarat-syarat umum maupun khusus lainnya yang ditentukan.

Untuk jadwal seleksi, pendaftaran akan dimulai pada 16 Juni 2024 sampai 29 Juni 2024. Para peserta harus menjalani serangkaian seleksi hingga persetujuan pelantikan oleh Mendagri antara 1 September 2024 sampai dengan 19 September 2024.

Ali Bustomi