Guru-guru kreatif dari SDN 3 Tubanan

JEPARA (SUARABARU.ID) – Secara serentak Senin, 10 Juni 2024 diadakan pengumuman kelulusan siswa kelas 6. Selesai pengumuman, SDN 3 Tubanan menggelar acara Gelar Karya Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dan Pelepasan Kelas 6 di Alun-alun Tubanan. Siswa dan wali murid menuju ke Alun-alun untuk mengikuti kegiatan Gelar Karya P5 & Pelepasan Siswa Kelas 6.

Gelar Karya P5 dan Pelepasan Kelas 6 dihadiri segenap tamu undangan, siswa, wali murid, dan masyarakat umum. Mereka ikut berpartisipasi mendukung kegiatan sekolah.

Ketua Dabin, kepala sekolah, dewan guru dan perwakilan wali murid

Gelar Karya P5 tahun ini mengusung tema Kewirausahaan dan Gaya Hidup Berkelanjutan. Dalam kegiatan tersebut disiapkan stan yang menampilkan hasil karya siswa. Batik Tulis Estitu sapu tangan dan taplak meja,  Eco print Tote bag, dan bermacam – macam karya siswa dari barang bekas plastik dan lainnya ( bunga, rumah hias, tempat tissue, tempat pensil, mobil- mobilan, pigura foto, dan tempat buku). Karya siswa dipamerkan di stan Estitu.

Siswa kelas 4 berpartisipasi aktif di standnya

Kepala SDN 3 Tubanan Rissetyaning, S.PD, SD dalam sambutannya mengatakan, kegiatan Gelar Karya P5 dan Pelepasan Kelas 6 terselenggara atas kerjasama semua warga sekolah yakni  dewan guru, komite, siswa, wali murid, dan masyarakat.

“Gelar Karya P5 dapat memotivasi siswa untuk semakin giat berkarya. Gelar Karya menjadi ajang kreativitas siswa. Selain karya yang dipamerkan di stan, semua siswa juga mengikuti pentas seni mengisi panggung gembira dalam acara tersebut, ujar Rissetyaning, S.Pd.SD Kepala SDN 3 Tubanan.

Tari Denok Semarangan warnai gelar karya siswa

Kegiatan Gelar Karya P5 ini sangat bagus untuk mewujudkan program sekolah. Sesuai dengan slogan Pendidikan Inovatif, Siswa Kreatif. Semoga SDN 3 Tubanan dapat mewujudkannya, ujar Supriyanto, S.Pd ketua Dabin III ( PLT kepala sekolah di SDN 3 Tubanan dua tahun terakhir sampai April 2024).

Pendidikan dasar 12 tahun, jangan pernah puas dengan lulus Sekolah Dasar. Untuk siswa kelas 6, siapkan diri untuk semangat belajar melanjutkan pendidikan di sekolah lanjutan, ujar Nur Cahyanto Carik Tubanan.

38 Siswa kelas 6 yang lulus dan berniat untuk melanjutkan pendidikan di sekolah menengah

Rofika Dewi, S.Pd.SD selaku ketua panitia dan guru kelas 6 berpesan kepada siswanya, “Jaga almamater kalian, jaga nama baik SDN 3 Tubanan, meski pun kalian sudah lulus. Rajinlah belajar untuk masa depan cerah.”

Karmisan selaku komite menerima kembali siswa kelas 6 dan mengembalikan kepada wali murid. “Dukunglah anak untuk mengenyam pendidikan di sekolah, agar masa depannya cerah,” pesan Karmisan kepada wali murid.

Dalam acara tersebut diselingi dengan hiburan, agar suasana menyenangkan. Penyematan tanda kelulusan oleh kepala sekolah, di akhiri dengan persembahan kelas 6 menyanyi bersama dan berpuisi. Suasana haru menyelimuti, terlantun doa dalam hati dari guru untuk siswanya.

Acara sangat meriah dan bermakna, siswa-siswi mengisi panggung hiburan, ada tari, dance, juga menyanyi. Dalam pra acara pun dipentaskan group Rebana Estitu. Suasana ramai dan meriah, wajah bahagia siswa-siswi terlihat jelas.

Tamu undangan dan masyarakat diperkenankan masuk ke tenda stan untuk melihat hasil karya siswa.

Suasana bersahabat antara warga sekolah dan masyarakat, semua membaur dalam acara Gelar Karya P5 dan Pelepasan Siswa Kelas 6 SDN 3 Tubanan. “Semoga ke depan lebih baik, bermanfaat bagi siswa, semua warga sekolah dan masyarakat,” ujar salah satu orang tua siswa

Hadepe -Rofiatun guru SDN 3 Tubanan