Silaturahmi Forum Taman Baca Masyarakat

JEPARA (SUARABARU.ID) – Bertempat di Perpustakaan RA. Kartini Ds. Ketilengsingolo RT 03, RW 04 Kec. Welahan Kab. Jepara, idarohan Forum TBM Kab. Jepara yang ke 2 diselenggarakan Minggu  9 Juni 2024. Silaturahmi antar pegiat literasi ini di hadiri Ketua Forum TBM Kab. Jepara, anggota Komisi A DPRD Kab. Jepara, Ketua Forum TBM Kab. Demak, TBM, Aksamala Sukodono, TBM Capung, TBM Lentera Kuayar, TBM Isykarima Banjar agung, TBM Azzahwa Rajekwesi , TBM Swaraga Batealit dan para pegiat literasi lainnya.

Silaturahmi Forum TBM Jepara di Perpus RA Kartini Welahan

Den Hasan sebagai Ketua Forum TBM Kab. Jepara dalam acara tersebut mengatakan ‘ Forum TBM Kab. Jepara memiliki anggota 46 TBM dan 27 diantara nya masih aktif berkegiatan, tersebar di Kec. Keling sampai Kec. Welahan. Taman Bacaan Masyarakat dipayungi oleh Disdikpora  dan Forum TBM Pusat, dikordinasi oleh beberapa kementerian meliputi Menko PKM, Kemendikbud dan diberi SK 3 Menteri.

Selama ini TBM berdiri secara mandiri dengan menjadikan ruang tamu maupun teras rumah sebagai tempat bergiatan membaca buku, melukis dan kegiatan lainnya. “Yang jelas usaha dan semangat selalu kami kembangkan agar bisa berkontribusi dalam dunia literasi ‘ ungkap Den Hasan.

Para pegiat literasi Jepara

Sedangkan Padmono Wisnugroho, SH. mengatakan kegiatan literasi perpustakaan maupun TBM sangat penting sekali perannya dalam kehidupan bermasyarakat. Ia menambahkan, seorang driver ketika berkendara di jalan raya harus memahami literasi nomorik seperti arti rambu – rambu angka, sebab kalau tidak akan berakibat fatal.

Sebagai wakil rakyat dan anggota komisi A DPRD Kab. Jepara siap mendukung dan menerima usulan dari pegiat TBM sesuai tupoksinya ‘.

Perpusatakaan RA Kartini Welahan

Kegiatan yang berlangsung di awal bulan Juni ini diikuti 25 peserta baik dari anggota Forum TBM Kab. Jepara, tamu undangan maupun adik – adik hebat dari Perpustakaan RA. Kartini. Citra Dwi Kurniawan dari Desa Gidangelo dan Mustaqim dari Desa Bangsri menyatakan ikut bergabung sebagai anggota Forum TBM Kab. Jepara .

Diakhir acara, para pengurus Forum TBM Kab. Jepara secara simbolis membuka Wisata Belimbing Jingga Welahan sebagai distinasi wisata baru di Kabupaten Jepara yang meliputi Ds. Ketilengsingolelo,  Ds. Welahan dan Ds. Gidangelo.

Hadepe – Edi Mustofa