Ilustrasi hidung tersumbat akibat flu. Foto: Freepik

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Hidung tersumbat merupakan kondisi ketika aliran udara pada salah satu atau kedua saluran hidung terhambat akibat adanya iritasi di lapisan saluran hidung.

Biasanya, kondisi ini terjadi akibat adanya paparan alergen, berupa udara kotor, bulu hewan, tungau debu, hingga serbuk sari. Perubahan cuaca ekstrim menjadi dingin bisa menyebabkan hidung tersumbat sebelah. Hal ini disebabkan udara yang kering saat cuaca dingin.

Masalah ini dapat diatasi dengan melakukan banyak perawatan mandiri di rumah. Hidung tersumbat terjadi ketika jaringan dan pembuluh darah di sekitar hidung membengkak akibat infeksi atau peradangan.

Hidung tersumbat merupakan salah satu tanda dan gejala dari penyakit yang menyerang saluran pernafasan, seperti ISPA, influenza, alergi, hingga sinusitis. Kondisi ini tak hanya menghambat aktivitas harian Anda, tetapi juga ikut mengganggu waktu tidur.

Pasalnya, hidung tersumbat akan membuat Anda kesulitan bernafas. Sehingga Anda terpaksa bernafas dengan bantuan mulut. Dilansir dari Suara.com, Nah berikut beberapa tips ampuh untuk mengatasi hidung tersumbat, berikut enam diantaranya.

1. Gunakan Bantal Tambahan

Posisi tubuh yang rata saat berbaring akan memicu perubahan aliran darah. Hal itu membuat sumbatan pada hidung semakin bertambah parah. Oleh karenanya, Anda perlu menambahkan bantal tambahan, sehingga tubuh berada dalam posisi tirah baring.

2. Mencukupi Kebutuhan cairan

Ketika pilek, Anda perlu memastikan kebutuhan cairan tercukupi dengan baik. Pasalnya, air bisa menjaga jumlah lendir didalam hidung tetap tipis serta mudah dikeluarkan.

Anda bisa memenuhi kebutuhan cairan tersebut dengan minum air putih hangat atau sup yang penuh dengan rempah. Selain meminimalisir jumlah lendir, cara ini juga dapat membuat tubuh tetap hangat.

3. Mandi Air Hangat

Tak sedikit orang yang menghindari waktu mandi ketika pilek. Padahal, mandi menjadi salah satu tips ampuh untuk mengencerkan lendir pada hidung. Akan lebih baik lagi jika Anda menggunakan air hangat saat mandi. Sebab, air hangat akan menghasilkan uap yang bisa mempercepat pengeluaran lendir hidung.

4. Menggunakan Humidifier

Humidifier merupakan alat yang berfungsi untuk mengatur kelembapan di dalam ruangan, sehingga cocok digunakan saat Anda mengalami hidung tersumbat. Pasalnya, kondisi udara yang terlalu kering akan membuat produksi lendir hidung semakin banyak. Sebaliknya, udara dengan kelembapan yang stabil bisa mengurangi produksi lendir tersebut.

5. Melakukan Irigasi Nasal

Irigasi nasal merupakan proses membilas lubang hidung dengan larutan saline. Larutan ini akan membantu melembapkan saluran pernapasan, meredakan iritasi, dan mencegah penumpukan lendir di saluran pernapasan. Cukup bersihkan hidung sebanyak 1 atau 2 kali sehari sesuai kebutuhan.

6. Menggunakan Obat Semprot Hidung

Selain irigasi nasal, Anda juga dapat memggunakan obat semprot untuk mengatasi hidung tersumbat akibat infeksi bakteri dan virus. Obat jenis ini mengandung dekongestan yang bisa membuka saluran pernafasan dengan cepat.

Sedangkan pada kasus hidung tersumbat akibat alergi, Anda bisa menggunakan obat semprot yang mengandung steroid untuk meredakan peradangan serta mengurangi lendir di hidung.

Itulah tadi pembahasan tentang enam tips ampuh mengatasi hidung tersumbat saat tidur. Semoga bermanfaat!

Claudia