Tiga dosen Ilkom USM, saat memberikan pelatihan public speaking, pada warga Pokdarwis, di Desa Wisata Kampoeng Duren, Kelurahan Mangunharjo, Rabu (5/6/2024). Foto: dok/usm

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Dalam upaya mendukung sektor pariwisata di Kota Semarang, dosen jurusan Ilmu Komunikasi (Ilkom) Universitas Semarang (USM), memberikan pelatihan Public Speaking, pada warga Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis), di Desa Wisata Kampoeng Duren, Kelurahan Mangunharjo, Rabu (5/6/2024).

Pelatihan itu merupakan bagian dari kegiatan pengabdian masyarakat oleh dosen Jurusan Ilkom USM, sebagai wujud implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi. Tim ini terdiri dari Hilda Rahmah MA, Citra Safira MIKom, Ayang Fitrianti MIKom, serta mahasiswa Lissafi Qulbi dan Aliffina Khowash.

Dalam keterangannya Hilda mengatakan, pendekatan praktis ini bertujuan untuk memastikan anggota Pokdarwis, mampu mengaplikasikan teknik public speaking yang efektif dalam situasi nyata.

BACA JUGA: Mahasiswa Ilkom USM ‘Berani Sejiwa’ di CFD Simpanglima

”Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berkomunikasi warga Pokdarwis, sebagai calon pengelola desa wisata,” jelasnya.

Dia berharap, pelatihan ini dapat meningkatkan kualitas komunikasi anggota Pokdarwis, sehingga mampu mengelola dan mempromosikan Desa Wisata Kampoeng Duren dengan lebih baik.

”Selama pelatihan, peserta tidak hanya menerima bimbingan teoritis, tetapi juga melakukan praktik public speaking langsung kepada wisatawan,” ujarnya.

BACA JUGA: BKBH FH USM Lakukan Pemberdayaan Masyarakat Kurang Mampu

Sementara itu, Ketua Pokdarwis, Pramujiarto SE MMPar menambahkan, pelatihan ini sangat membantu meningkatkan kemampuan berbicara dan kreativitas dalam berkomunikasi dengan wisatawan.

”Pelatihan ini sangat penting dalam komunikasi pariwisata, untuk membantu anggota Pokdarwis menyosialisasikan potensi wisata di Desa Mangunharjo,” ungkapnya.

Riyan