Ilustrasi seseorang mengalami alergi debu. Foto: Freepik

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Debu adalah partikel benda padat yang terapung di udara, biasanya, debu dihasilkan oleh proses mekanik seperti penggosokan, pengeboran, pemecahan benda padat, serta cara pengolahan benda padat lainnya, misalnya asbestos dan silika.

Alergi debu merupakan kondisi yang mengganggu saluran pernapasan manusia. Kondisi ini tidak bisa diabaikan karena berpengaruh pada produktivitas dan kualitas hidup. Maka dari itu, penderita alergi debu perlu mengetahui cara mengatasi alergi debu agar kesehatan organ pernapasan tetap terjaga.

Melansir dari laman halodoc.com, bagi beberapa orang, debu bisa menyebabkan alergi apabila tersentuh oleh bagian tubuh.

Mulai dari bersin, iritasi, batuk hingga bahkan menyebabkan ebberaoa kondisi lainnya seperti gatal-gatal. Bahkan, dalam beberapa kasus alergi debu bisa menyebabkan permasalahan yang lebih serius.

Alergi debu sejatinya bisa dihindari dengan beberapa cara yang cukup sederhana. Mulai dari rutin membersihkan barang-barang disekitarmu hingga menjaga kesehatan tubuhmu sendiri. Dilansir dari Suara.com, berikut merupakan 3 cara sederhana yang bisa kamu lakukan untuk meminimalisir alergi debu.

1. Memilih Bahan Untuk Alas Tidur yang Tahan Debu

Cara paling mudah yang bisa kamu lakukan untuk meminimalisir alergi debu adalah dengan memilih alat tidur atau melapisi kasur serta bantal untuk tidurmu dengan sarung atau alas yang tahan debu.

Menyadur dari artikel berjudu; “Cold urticaria; Dust mite allergy”, pemilihan bahan yang tahan debu bisa meminimalisir debu menemep dan terperangkap pada alas tidurmu.

Beberapa bahan seperti kain tenun dapat meminimalisir menempelnya debu pada alas tidur. Hal ini dikarenakan kain tenun memiliki pori-pori jahitan yang rapat dan dapat mencegah menempelnya debu.

2. Bersihkan Perabotan Rumah Dengan Kain Basah

Cara kedua yang bisa kamu lakukan untuk meminimaliri terjadinya alergi debu adalah dengan rutin membersihkan perabotan rumahmu. Namun, kamu tidak boleh asal-asalan dalam membersihkannya.

Merujuk dari artikel berjudul “Dust Allergy”, gunakan lap yang telah dibasahi untuk membersihkan perabotan rumahmu. Hal tersebut dapat membuat debu tidak berterbangan saat dibersihkan dan justru berisiko terhirup ke saluran pernapasan dan bisa menyebabkan alergi.

3. Gunakan Cairan Desinfektan

Penggunaan cairan desinfektan atau pembunuh kuman juga bisa untuk meminimalisir seseorang terkena alergi debu. Debu sendiri mengandung banyak partikel bakteri, virus dan bahkan serangga sejenis tungau yang dapat menyebabkan iritasi dan alergi pada seseorang.

Terkadang, bakteri dan serangga-serangga tersebut tak bisa mati meski hanya dibersihkan dengan air. Oleh karena itu, penambahan cairan desinfektan saat membersihkan perabot atau alat-alat rumahmu bisa kian meminimalisir terjadinya alergi debu.

Nah, itulah beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk meminalisir alergi debu. Semoga informasi ini bermanfaat bagi kita semua.

Claudia