blank
Staf Markas PMI Kebumen dan sukarelawan mengadakan bakti sosial di rumah singgah ODGJ Dosaraso, baru-baru ini.(Foto:SB/Humas PMI Kbm)

KEBUMEN (SUARABARU.ID) – Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Kebumen menggelar bakti sosial (baksos dengan berbagi kebahagian serta keceriaan bersama Orang Dalam Gangguan Jiwa (ODGJ)  Jumat (30/5)

Kegiatan berlangsung di Rumah singgah Dosaraso, tempat rehabilitasi Dinas Sosial Pemkab Kebumen. Sekitar 19 penghuni rumah singgah itu pun menyambut ceria kegiatan diikuti 19 peserta rehab.

Turut hadir dakam kegiatan staf humas Pipiet Mahardi serta sejumlah staf markas Ulfah Fitri Istiqomah, Hafifah Umami, dan sukarelawan PMI Kebumen

Staf Bidang Sosial, Siti Mutaliah mengatakan, baksos tersebut merupakan kegiatan inisiatif untuk mengimplementasikan prinsip kepalangmerahan yakni kemanusiaan.

Menurut Siti Mutaliah, sudah seyogyanya PMI  yang notabene organisasi kemanusiaan nirlaba memberikan rasa berbagi terhadap sesama. Sebagaimana  menerapkan ketujuh prinsip kepalangmerahan, yang salah satunya yakni kemanusiaan.

blank
Pengelola rumah singgah Dosaraso Dinas Sosial Kebumen menerima kunjungan bakti sosial PMI Kebumen.(Foto:SB/Humas PMI Kbm)

“Biasanya kita berbagi dengan suasana normal dengan orang normal, kali ini kita berbagi kebahagiaan dan keceriaan bersama teman teman rehabilitasi ODGJ dari rumah singgah tanpa melihat rendah dan sebelah mata.”ujar Siti Mutaliah.

Siti Mutaliah menambahkan, walaupun penerima manfaat baksos itu ODGJ yang hampir sembuh kegiatan pun disesuaikan. Bahkan mereka bisa menerima, sepaham dengan interaksi yang berlangsung selama berkegiatan.

Rangkaian acara berjalan penuh keceriaan seperti mendongeng, cek tensi, penyerahan barang bantuan,dan games fun. Para peserta rehab tampak asyik mengikuti kegiatan tersebut.

Sejumlah barang bantuan disalurkan seperti bahan sembako, alat kebersihan, hygiene kit dan clean kit.

Pendamping Rumah Singgah Yogi Heru Trihartanto mengucapkan terima kasih dan merasa senang atas kedatangan PMI Kebumen

Yogi yang mewakili Dinas Sosial Kebumen selaku pendamping rumah singgah merasa sangat senang atas kedatangan staf Markas  PMI dan sukarelawan dalam berkegiatan di rumah singgah.

“Saya lihat teman teman di sini juga asyik mengikuti kegiatan dari awal sampai akhir. Meskipun dengan keterbelakangan mereka  sudah menggena kegiatan mendongeng tadi dengan games fun. Sekali lagi terima kasih banyak untuk PMI Kebumen atas bantuan yang diberikan juga, semoga kegiatan sosial seperti ini bisa berkelanjutan,”ujar Yogi.

Komper Wardopo