BNNP Jateng melakukan pemasangan spanduk tolak narkoba di sekolah-sekolah. Foto: Dok/Humas (3/6/2024)

SUKOHARJO (SUARABARU.ID) – Memperingati Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) 2024, Tim Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Jateng melakukan pemasangan spanduk tolak narkoba di dua sekolah, yaitu di SMK Bani Muslim, Pati dan SMA Negeri 1 Pabelan, Sukoharjo.

Kegiatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan komitmen seluruh elemen sekolah dalam memerangi penyalahgunaan narkoba.

Wakil Kepala Sekolah SMK Bani Muslim Pati, Nurul Hidayatunnikmah menyampaikan harapannya, agar seluruh staf, guru, karyawan, dan siswa-siswi di SMK Bani Muslim Pati dapat memiliki komitmen bersama untuk mewujudkan sekolah Bersinar (Bersih Narkoba).

“Kami berharap sekolah ini bisa menjadi contoh dengan berani menolak, berani rehab, dan berani lapor terhadap penyalahgunaan narkoba,” ujar Nurul.

Sementara itu Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Pabelan, Sukoharjo, Dyah Ratnaningrum menyatakan optimis bahwa SMA Negeri 1 Pabelan, Sukoharjo mampu menjadi sekolah yang bebas dari narkoba. “Kegiatan ini dilaksanakan agar seluruh elemen di sekolah ini dapat bersinergi mewujudkan sekolah yang berani menolak, berani rehab, dan berani lapor terhadap penyalahgunaan narkoba,” ungkap Dyah.

Kepala BNNP Jateng, Dr. H. Agus Rohmat memberikan apresiasi atas pelaksanaan kegiatan di dua sekolah tersebut. Ia berharap agar kegiatan serupa dapat diikuti oleh sekolah-sekolah lain di Provinsi Jawa Tengah. “Sinergi dari seluruh elemen masyarakat dan pencegahan mutlak dilakukan demi mewujudkan Jawa Tengah Bersinar,” tandas Agus.

Melalui kegiatan ini, diharapkan dapat terbentuk komitmen yang kuat dari seluruh masyarakat sekolah untuk bersama-sama memerangi penyalahgunaan narkoba, sehingga tercipta lingkungan pendidikan yang bersih dan sehat.

Ning S