Secara internal, Polres Wonogiri, Sabtu (1/6) menggelar upacara peringatan Hari Lahir Pancasila Tanggal 1 Juni 2024. Berlangsung khidmat dengan menyertakan Regu Korsik.(Dok.Humas Polres Wonogiri)

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Polres Wonogiri Sabtu (1/6), menggelar upacara pengibaran bendera Merah Putih dalam rangka memperingati Hari Lahir Pancasila Tanggal 1 Juni 2024. Upacara digelar di halaman Polres, dengan menyertakan Regu Korsik (Korps Musik) yang melibatkan peniup terompet dan para personel penabuh genderang tambur.

Kasi Humas Polres Wonogiri AKP Anom Prabowo, menyatakan, bertindak selaku Inspektur Upacara, Kapolres yang diwakili Kabag Ren Polres Wonogiri Kompol Dr Dwi Krisyanto.

Upacara yang digelar secara internal oleh jajaran Polres Wonogiri ini berlangsung hikmat dan lancar. Diikuti oleh seluruh personel Polri dan Aparatur Sipil Negara (ASN), yang sehari-hari bertugas di Polres Wonogiri.

Sebagai Inpektur Upacara (Irup), Kompol Dr Dwi Krisyanto, tampil membacakan amanat tertulis dari Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia (BPIP RI). Dalam amanatnya, disebutkan, peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2024 ini mengusung tema “Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas Tahun 2045.”

Tema tersebut, mengandung maksud bahwa Pancasila menyatukan dengan segala perbedaan suku, agama, ras, budaya dan bahasa, dalam menyongsong 100 tahun Indonesia emas yang maju, mandiri dan berdaulat.

Selain pengibaran bendera, rangkaian kegiatan upacara menyertakan pembacaan Undang-Undang Dasar 1945. Juga menyertakan penghormatan tanda kebesaran buka dan tutup, yang diiringi oleh instrumen genderang tambur dan bus drum serta tiupan terompet dari Regu Korsik Polres Wonogiri.
Bambang Pur