Dewan Pimpinan Kota Semarang Partai Prima mendeklarasikan dukungan kepada Iswar Aminuddin dalam Pilwakot Semarang 2024, Sabtu (1/6/2024). (foto hp)

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Di rangkaian momen perayaan Hari Lahir Partai Rakyat Adil Makmur (Prima) ke-3 yang jatuh pada 1 Juni, Dewan Pimpinan Kota (DPK) Prima Kota Semarang sekaligus mendeklarasikan dukungan politiknya untuk Pilwalkot 2024.

Partai yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Maju (KIM) tersebut secara bulat mendukung sosok Iswar Aminuddin yang saat ini masih menjabat sebagai Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Semarang untuk maju dalam kontestasi pilwalkot.

Ketua DPK Prima Kota Semarang, Tomy YS, menyatakan alasan Prima Kota Semarang mendukung sosok Iswar dengan melihat potensi dan rekam jejak yang dimiliki Iswar.

Menurutnya, potensi dan rekam jejak Iswar tersebut sangat sejalan dengan 3 program prioritas pembangunan kota dalam perspektif Prima Kota Semarang.

Ketiganya adalah pembangunan kota berbasis kebudayaan dan wawasan lingkungan hidup, pembangunan yang memberi ruang perlindungan dan pemberdayaan perempuan, anak, dan remaja, serta pembangunan ekonomi kerakyatan berbasis koperasi.

Menurut Tomy, ketiga program prioritas tersebut sejatinya terangkum dalam konsep besar kebudayaan. Ia menandaskan sebagaimana kekuatan pokok bangsa Indonesia adalah kebudayaan yang nilai-nilainya terkandung dalam Pancasila.

“Perayaan harlah Prima bersamaan dengan peringatan Hari Lahir Pancasila. Di mana Pancasila adalah ruh bangsa kita yang harus dimenangkan dalam meletakkan dasar-dasar pembangunan bangsa dan negara,” ungkapnya.

Tomy menekankan, sebagaimana pemahaman pembangunan berbasis kebudayaan tersebut, sosok Iswar dianggap mempunyai kemampuan dalam memikul tanggung jawab tersebut.

“Selain Pak Iswar Aminuddin ini memang memiliki keunggulan dalam hal pengetahuan akademik tentang tata kota, beliau juga sosok yang terbuka dalam konsep-konsep kebudayaan untuk dijadikan dasar alasan kota ini dibangun,” tambahnya.

Selanjutnya Prima Kota Semarang akan melakukan komunikasi lebih lanjut kepada Iswar untuk mendorong agar pihaknya berkomunikasi dengan partai-partai KIM.

Begitu pula sebaliknya, Prima Kota Semarang berharap partai-partai KIM dapat melihat sosok Iswar sebagai bakal calon yang tepat untuk didukung.

Disinggung tentang posisi Iswar yang masih berprofesi ebagai Aparatur Sipil Negara (ASN), Tomy menyatakan bahwa dukungannya kepada Iswar tersebut tidak bertentangan dengan aturan tentang ASN.

Menurutnya, Iswar sendiri belum terlibat dalam politik praktis secara langsung karena belum tergabung dalam partai politik maupun melakukan pendaftaran di KPU.

Sebelumnya Prima Kota Semarang sendiri telah melakukan penilaian secara internal kepada beberapa bakal calon yang mengambil dan atau sudah mengembalikan formulir pendaftaran calon walikota/wakil walikota di partai-partai politik.

Dari beberapa nama yang muncul, sosok Iswar-lah yang ditetapkan Prima Kota Semarang sebagai sosok yang didukung, terlepas nantinya akan berpasangan dengan siapa dan diusung partai politik apa.

HP