Kepala Divisi Administrasi Kanwil Kemenkumham Kepulauan Riau, Kaswo memimpin upacara Hari Lahir Pancasila. Foto: Dok/Humas (1/6/2024)

TANJUNGPINANG (SUARABARU.ID) – Peringatan Hari Lahir Pancasila, dimana hari ketika Bung Karno sebagai Proklamator Kemerdekaan, Bapak Pendiri Bangsa, pertama kali memperkenalkan Pancasila melalui pidatonya pada tahun 1945 di depan sidang Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan (BPUPK).

Demikian diungkapkan Kepala Divisi Administrasi Kanwil Kemenkumham Kepulauan Riau, Kaswo saat memimpin upacara peringatan Hari Lahir Pancasila, Sabtu, 1 Juni 2024.

Kegiatan yang berlangsung di Lapangan Kantor Wilayah Kemenkumham Kepri ini diikuti oleh seluruh pegawai Kemenkumham setempat.

Kaswo saat membacakan pidato Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila RI menyampaikan bahwa Pancasila harus selalu kita jiwai dan pedomani agar, menjadi ideologi yang bekerja, yang dirasakan kehadiran dan manfaatnya oleh seluruh tumpah darah Indonesia.

Dalam peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2024 ini bertema “Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045”.

“Tema ini berarti bahwa Pancasila menyatukan kita dengan segala perbedaan suku, agama, budaya, dan bahasa dalam menyongsong 100 tahun Indonesia Emas yang maju, mandiri dan berdaulat,” ungkap Kaswo.

“Pancasila harus kita jiwai dan kita pedomani, agar menjadi ideologi yang bekerja, yang dirasakan kehadiran dan manfaatnya oleh seluruh rakyat Indonesia,” tandasnya.

Ning S