BNNP Jateng gelar pencanangan dan deklarasi wisata Bersinar di Taman Candi Borobudur, Magelang. Foto: Dok/Humas (29/5/2024)

MAGELANG (SUARABARU.ID) – Kepala BNNP Jawa Tengah, Brigjen Pol. Agus Rohmat memimpin Pencanangan dan Deklarasi Wisata Bersinar di Taman Wisata Candi Borobudur Magelang, yang diikuti seluruh Kepala BNN kabupaten/kota se-Jawa Tengah, pada Rabu (29/5/2024).

Sementara itu dalam pencanangan dan deklarasi dibacakan oleh General Manager (GM) Taman Wisata Candi (TWC) Borobudur, Jamaludin Mawardi. “Masalah narkoba memang perlu bekerja sama dengan semua masyarakat. Semoga dengan pencanangan wisata bersinar ini kita bisa bersinergi dan bisa menyebarluaskan informasi dan edukasi terkait bahaya narkoba dengan mudah,” ujar Jamaludin.

Selain pembacaan deklarasi, dilakukan juga penandatanganan komitmen bersama oleh Kepala BNN Provinsi Jawa Tengah dan GM Taman Wisata Candi Borobudur untuk mewujudkan wisata bersinar.

“Kita membuat sejarah di bangunan bersejarah ini, dan ini pertama kali kita deklarasikan wisata bersinar di Candi Borobudur. Saya tegaskan, jangan pernah ada bandar, pengedar, maupun pengguna yang berani masuk di bangunan bersejarah ini,” kata Agus Rohmat.

“Dengan bersih dari narkoba, bisa meningkatkan kenyamanan pengunjung, dan dengan kenyamanan yang meningkat, sektor ekonomi juga akan meningkat. Sangat berbahaya jika ada pengunjung terkena narkoba terus naik ke atas, lalu jatuh. Itu akan menjadi dampak buruk bagi kita semua, itulah mengapa tempat wisata ini harus bersih dari narkoba,” tuturnya.

Candi Borobudur merupakan sebuah candi Buddha yang megah dan menjadi salah satu situs bersejarah terpenting di Indonesia, yang terletak di Magelang, Jawa Tengah. Dibangun sekitar abad ke-9 Masehi, candi ini merupakan salah satu keajaiban arsitektur dan kepercayaan agama Buddha di Asia Tenggara. Karena banyaknya wisatawan lokal dan asing yang berkunjung, candi ini rentan terhadap peredaran dan penyalahgunaan narkoba.

Pada kesempatan tersebut Kepala BNNP Jateng diajak berkeliling di sekitar Candi Borobudur menggunakan golf car, untuk meresapi harmoni alam dan budaya di lembah perbukitan Menoreh.

Dengan kegiatan ini diharapkan Taman Wisata Candi Borobudur dapat mendukung program BNN dalam melaksanakan P4GN (Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan, dan Peredaran Gelap Narkoba), serta menjadi contoh bagi tempat wisata lainnya di Magelang untuk menjadi wisata bersinar, sehingga dapat mewujudkan Jawa Tengah yang bersih dari narkoba.

Ning S