ilustrasi tumpukan koleksi buku. Foto: freepik

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Buku merupakan bahan pustaka yang merupakan suatu kesatuan utuh dan yang paling utama terdapat dalam koleksi perpustakaan. Berdasarkan standar dari Unesco tebal buku paling sedikit setidaknya terdiri dari 49 halaman, tidak termasuk kulit maupun jaket buku.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), arti kata buku adalah lembaran kertas yang berjilid, berisi tulisan atau kosong. Secara umum, buku adalah kumpulan kertas atau bahan lainnya yang digabungkan menjadi satu.

Koleksi buku bagi sebagian besar pembaca merupakan harta yang sangat berharga dan harus dijaga dengan baik. Harga buku original yang beredar di toko buku tentu tidak murah, sehingga kita harus bisa merawat buku yang sudah kita beli dengan baik dan penuh perhatian.

Sama seperti barang koleksi lainnya, mengoleksi buku juga harus diperhatikan cara menyimpannya agar tetap awet dan tidak mudah rusak atau berjamur. Buku merupakan salah satu barang yang rawan berjamur, apalagi jika ditempatkan di rak yang lembab.

Dilansir dari Suara.com, agar buku koleksimu tetap awet, kamu harus menghindari beberapa hal berikut ini!

1. Hindari paparan sinar matahari langsung

Posisi meletakkan rak buku merupakan salah satu hal yang harus kamu perhatikan dengan baik. Pastikan ruangan tempat meletakkan rak buku itu bukan berupa ruangan terbuka atau menghadap ke arah paparan sinar matahari langsung. Paparan matahari langsung bisa menyebabkan warna buku menjadi pudar, baik warna pada cover maupun isinya.

2. Hindari tempat yang lembab

Selain tempat yang terkena cahaya matahari langsung, poin lainnya yang harus kamu perhatikan ketika menyimpan buku adalah hindari tempat yang lembab. Jika kamu meletakkan rak buku dengan menempelkannya langsung ke tembok, pastikan tembok tersebut bersifat lembab atau tidak. Karena tempat yang lembab dapat berpengaruh terhadap kondisi buku. Buku dapat menyerap lembab dan menjadikannya berjamur.

3. Hindari debu dan kotoran

Selain hindari cahaya matahari langsung dan tempat lembab, buku juga harus rutin dibersihkan dari debu dan kotoran. Hal ini bisa dilakukan dengan pembersihan rak buku secara rutin dengan tujuan agar buku kamu terjamin kebersihannya dari debu dan kotoran. Hal ini karena kotoran dan debu bisa memengaruhi tampilan fisik buku, entah buku jadi menguning, memudar, atau bahkan berbau apek.

4. Hindari baca buku sambil makan dan minum

Membaca buku sembari makan dan minum memang seru, tapi sebaiknya kamu menghindari hal ini jika tidak ingin bukumu berisiko terkena makanan dan minuman. Kita tidak pernah tahu jika nanti makanan atau minuman kita tumpah ke permukaan buku yang sedang kita baca. Tentu saja hal ini sangat sulit dibersihkan. Lebih baik menghindari daripada menyesal nantinya, bukan?

Itulah empat hal yang harus kamu hindari dan perhatikan dengan baik jika ingin koleksi bukumu tetap awet. Selamat menerapkan!

Claudia