Figur Punakawan  dan PLN tampil dalam Karnaval Pembangunan di puncak Hari Jadi Ke-278 Kabupaten Sragen, di sepanjang Jalan Raya Sukowati, Senin (27/5). Foto: Anind

SRAGEN (SUARABARU.ID) – Kabupaten Sragen memperingati 278 tahun hari jadinya, Senin 27 Mei 2024. Peringatan hari jadi ini ditandai dengan Karnaval Pembangunan.

Ada yang menarik dari karnaval ini, yakni kehadiran sosok Punakawan yang merupakan tokoh pewayangan, yang dilibatkan  PLN dalam ikut memeriahkan rangkaian Hari Jadi Ke-278  Kabupaten Sragen.

Punakawan di ceritera pewayangan merupakan figur penghibur dan penyampai pesan. Karnaval itu melibatkan instansi pemerintah, BUMD serta dunia pendidikan maupun swasta di Jalan Raya Sukowati, Sragen.

Manajer PLN UP3 Surakarta, Muhammad Khadafi menjelaskan, keikutsertaan PLN ini tidak lepas dari agenda PLN untuk mengedukasi masyarakat terkait produk PLN dan kelistrikan.

“Agenda tahunan yang melibatkan banyak masyarakat seperti ini ingin Kami manfaatkan untuk mengenalkan produk PLN kepada masyarakat luas” jelasnya.

Dalam konvoi yang disaksikan ribuan orang ini Punakawan berjalan mengawal mobil hias yang  menampilkan miniatur jaringan listrik.

“Ini menjadi simbol kesiapan PLN dalam memberikan keandalan listrik bagi masyarakat sragen, termasuk melistriki potensi daerah seperti pertanian,” tutur Muhammad Khadafi.

Selain itu, pada mobil hias ditampilkan juga display aplikasi PLN mobile untuk mengedukasi masyarakat tentang berbagai fitur yang memudahkan masyarakat dalam mengakses layanan kelistrikan juga display materi SPKLU (Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum).

Selain mobil hias, motor listrik pun ikut dipamerkan. Motor listrik ini digunakan oleh petugas PLN dengan berpakaian seragam lengkap. Hal ini untuk mengedukasi masyarakat tentang petugas resmi PLN yang memberikan pelayanan, serta memasyarakatkan electrifying lifestyle.

Dengan banyaknya penonton yang hadir pada konvoi ini, diharapkan banyak masyarakat mendapatkan informasi dan edukasi seputar kelistrikan.

“Kami berharap informasi dan edukasi ini dapat diterima dengan baik oleh masyarakat Kabupaten Sragen,” tutup M.Khadafi.

Anind