Ketua DPC PDIP SRAGEN Untung Wibowo Sukowati didampingi keluarga besar, termasuk Bupati Sragen Yuni dan mantan Bupati Untung Wiyono,  mendaftar sebagai bakal calon Bupati Sragen periode 2024-2029 di Kantor Partai, Senin (27/5). Foto: Anind

SRAGEN (SUARABARU.ID )– Ketua DPC PDIP Sragen Untung Wibowo Sukowati mendaftar sebagai bakal calon bupati Sragen, Senin (27/5/2024).

Hari Senin dianggap hari baik, karena bertepatan dengan Wetonan atau peringatan hari lahir Untung Wibowo Sukowati yang memiliki Weton Senin Wage, dan hari ini juga di Hari Jadi Ke-278  tahun Kabupaten Sragen,

Bowo, sapaan akrab Untung Wibowo Sukowati mendatangi Kantor DPC PDIP di Jalan Raya Sukowati Barat beserta keluarga lengkap. Selain didampingi istri Wulan Purnama Sari dan kedua puteranya.

Bowo juga didampingi Bupati Sragen Kusdinar Untung Yuni Sukowati, kakak kandungnya, serta ayahanda Bupati Sepuh H Untung Wiyono beserta istri Hj.Suparmi dan Untung Guruh Sukowati, adiknya. Juga sejumlah relawan “Bolo Bowo”.

“Saya sudah mendapat restu kedua orangtua dan mbak Yuni, maju Pilkada Sragen,” ujar Bowo dengan nada mantap.

Dukungan keluarga teramat penting, karena posisi Bupati Yuni dan Untung Wiyono mantan Bupati Sragen dua periode (2000-2005 dan 2005-2010) memiliki basis massa kuat PDIP dan simpatisan di Sragen serta diperhitungkan dalam perpolitikan di Sragen yang dikenal juga Tlatah Sukowati itu.

Bowo mengatakan kendati sudah meraup 15 kursi dari 50 kursi di DPRD Sragen, namun dirinya ingin membuka komunikasi politik merintis koalisi dengan partai lain untuk mendukung pencalonannya. “Pertama dengan Partai Gerindra, kebetulan bertetangga karena kantornya berdekatan dengan kantor PDIP. Saya akan berkirim surat dulu,” tuturnya.

Menjawab adanya gunjingan kalau  keluarga Untung Wiyono ingin mempertahankan dinasti kekuasaan sebagai Bupati Sragen, Sekretaris DPC PDIP Suparno menepis hal itu. Dikatakan dalam kontestasi politik, calon Bupati dipilih langsung oleh rakyat, bukan ditunjuk seperti Raja menunjuk penggantinya.

“Itu ngga benar kalau dikatakan dinasti. Lha ini kan ikut kontestasi dan rakyat yang memilih,” tutur Suparno dengan nada tinggi.

Bupati Kusdinar Untung Yuni Sukowati yang akrab disapa Yuni dalam kapasitasnya sebagai kader partai mengungkapkan untuk memajukan Kabupaten Sragen,  maka Bupati Sragen terpilih nanti  harus yang bisa  berkesinambungan  melanjutkan  visi dan misi bupati sebelumnya.

Anind