blank
Ulama se-Jawa Tengah menggelar ijtima membahas tentang pilkada 2024. Foto: PKB Jateng

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Ijtima’ Ulama yang digelar para kyai se Jawa Tengah secara tegas merekomendasikan Ketua DPW PKB KH Muhammad Yusuf Chudlori (Gus Yusuf) sebagai Calon Gubernur Jawa Tengah dalam Pemilihan Gubernur Tahun 2024.

Para Ulama yang hadir berasal dari struktur Dewan Syuro DPC PKB dan para pengasuh pondok pesantren di Jawa Tengah. Mereka Berkumpul di Semarang untuk menyikapi perkembangan dan situasi pemilihan kepala daerah.

Hadir Pengasuh Ponpes Darul Falah Kudus KH Badawi Basyir, Ponpes Al Mubarok Wonosobo Nur Hidayatulloh, Dewan Syuro DPC PKB Grobogan KH Musyafa’ Zain, Ponpes Al Hikmah Brebes KH Sholahudin Wahid, dan Dewan Syuro DPC PKB Kab Tegal Habib Sholeh Al Attas serta ratusan kiai dari daerah.

Koordinator Ijtima’ Ulama, KH Badawi Basyir, mengatakan, semua Kyiai yang hadir dalam ijtima’ ulama telah menyampaikan pendapat, semuanya mengerucut mendukung penuh Gus Yusuf sebagai calon gubernur. Tetapi jika dikelompokkan, terbagi dalam tiga pemikiran.

“Pertama mendukung penuh Gus Yusuf untuk Calon Gubernur Jateng. Kedua mendukung dengan catatan, yaitu Gus Yusuf tetap harus memperhatikan pesantren khususnya sebagai pengasuh pondok pesantren API Tegalrejo Magelang. Tidak boleh lepas dari akar pesantren,” ujarnya, Minggu (26/5/2024).

Yang ketiga, kata sosok yang akrab disapa Gus Badawi ini, menegaskan agar PKB mempertimbangkan realitas dan dinamika politik dengan dasar yang kuat bahwa jika Gus Yusuf maju, harus menang.

“PKB harus serius. Ayo kita menangkan bareng-bareng. Saya akan pimpin langsung untuk memenangkan,” seru Kiai Badawi yang disambut tepuk tangan para kiai yang hadir.

Pengasuh Pondok Pesantren Al Mubarok Wonosobo KH Nur Hidayatulloh membenarkan apa yang disampaikan Kiai Badawi.

Sesungguhnya pemilihan gubernur diselenggarakan untuk kepentingan mewujudkan kemaslahatan dan kebaikan bagi seluruh masyarakat Jateng.

Untuk itu, imbuhnya, para kyai mengamanatkan dan memandatkan sepenuhnya kepada Gus Yusuf untuk berijtihad politik, konsolidasi, komunikasi, sosialisasi, dan promosi ke seluruh masyarakat agar menang, karena semua itu untuk kepentingan Jawa Tengah.

“Ya struktur PKB dan kultur NU menjadi inti dari kemenangan, nantinya,” tegas Kyai Nur Hidayatulloh.

Ijtima Ulama juga memandatkan kepada para kyai yang hadir untuk mensosialisasikan dinamika politik yang sedang terjadi ke seluruh warga Jateng, seraya mendekatkan diri kepada Allah.

Hery Priyono