JEPARA (SUARABARU.ID) – Dua puluh pramuka garuda golongan siaga mengikuti Lomba Pramuka Garuda Berprestasi atau Eagle Scout Awards (ESA) Kwartir Daerah Jawa Tengah Tahun 2024 Regional I (Binwil Semarang + Pati) yang dilaksanakan di SMK Umar Fatah, Jl. Rembang-Lasem Km. 7,5, Jetakbelah, Punjulharjo, Kec. Rembang, Kab. Rembang.

Ajang prestasi yang bersifat individu ini terintegrasi dengan pelaksanaan Pesta Siaga Kwarda Jateng Regional yang sama pada hari Sabtu, 25 Mei 2024 di Pantai Karang Jahe, Rembang.

Di aula A8 SMK Umar Fatah yang sejuk karena berpendingin ruangan, 20 Garuda cilik yang merupakan utusan tiap Kontingen Kwartir Cabang tersebut, saling adu kebolehan.

Fawas Ardan juara perak ESA golongan SIAGA putra tingkat KWARDA Jawa Tengah

ESA merupakan giat kompetisi, yang diawali dengan Registrasi, Uji pengetahuan tulis, Verifikasi portofolio, Rekam jejak Pramuka Garuda serta wawancara, scouting skill, Hasta Karya berupa Diorama dari bahan bekas dengan tema Kebun binatang, dan  Verifikasi uji SPG, pelaksanaan tetap dalam suasana persahabatan,  ceria, dan riang.

Hal ini karena kepiawaian para dewan juri KWARDA  dalam mengemas penilaian yang senantiasa diselingi dengan tepuk, nyanyian, bahkan candaan, kadang juga cerita mewarnai kegiatan tersebut.

Farah dan Ardan bersama kakak-kakak pembina

Selama kurang lebih 9 jam kegiatan terlampaui dengan baik. Sementara dewan juri menentukan hasil kejuaraan lomba, semua peserta ESA dan Biindamping  diarahkan  untuk merapat ke Pantai Karang Jahe karena penghargaan kejuaraan lomba ESA akan diserahkan dalam rangkaian Upacara Penutupan Pesta Siaga dengan pembinanya Ka.Kwarcab Rembang.

Sebagai bentuk dukungan dan pemberian suport kepada kontingen, Wakabinamuda Kwarcab Jepara kak Yenny Diah Sulistiyani, S.TP, M.H dan Waka Binawasa kak Sudarmanto,S.Pd.M.Pd mewakili kak Hesty Nugroho (Ka.Kwarcab Jepara) beserta pengurus andalan Kwarcab Jepara dan juga Ka.Kwarran Bangsri kak Yatena,S.Pd.MM beserta pengurus Kwarran Bangsri juga turut memberikan dukungan yang luar biasa kepada kontingen.

Ini Farah juara perak ESA golongan Siaga Putri tingkat KWARDA Jawa tengah

Fawwas Ardhani Ramadhan siswa SDN 6 Bangsri dan Farah Aulia Nadhifa siswa SDN 2 Krasak, yang merupakan Garuda cilik  utusan Lomba ESA dari kwarcab Jepara, memperoleh kejuaraan kategori Medali perak.

Selamat Untuk para pemenang dan selamat untuk Kwartir Cabang Jepara yang selalu menorehkan Prestasi disetiap Lomba ESA ditingkat KWARDA JAWA TENGAH. Jayalah Pramuka Jayalah Indonesia.

Hadepe – Erna Yulis_Pinkon ESA