blank
WBP Rutan Blora tengah mengikuti pembinaan pembuatan wingko. Foto: Dok/Humas

BLORA (SUARABARU.ID) – Kanwil Kemenkumham Jawa Tengah terus mendorong pembinaan kemandirian warga binaan pemasyarakatan (WBP) pada Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) dan Rumah Tahanan Negara (Rutan).

Kakanwil Kemenkumham Jateng, Tejo Harwanto mengatakan, Kemenkumham Jateng berupaya mendukung program pemerintah untuk meningkatkan kualitas pembinaan di Lapas/Rutan di Jawa Tengah.

“Dengan pembinaan yang tepat, diharapkan para WBP dapat menjadi pribadi yang lebih mandiri dan siap berkontribusi positif ketika kembali ke tengah masyarakat,” ujarnya, Sabtu (25/5/2024).

Salah satu Rutan yang getol mendorong kemandirian WBP yaitu Rutan Kelas IIB Blora. Belum lama ini, Rutan pimpinan Budi Hardiono ini mengembangkan produk dibidang tata boga, yaitu dengan memberikan pembuatan wingko dan martabak. Kegiatan ini mendapatkan antusiasme dari WBP yang tertarik dalam bidang kuliner.

Wingko merupakan makanan ringan yang mudah dijumpai. Makanan ini biasanya dimakan sebagai sarapan atau camilan di siang hari yang berbahan dasar telur, kelapa parut, tepung ketan dan lainnya.

Sejumlah warga binaan berlatih menghasilkan olahan yang enak dan lezat. Kegiatan ini merupakan kerja sama dengan Balai Latihan Kerja (BLK) Kabupaten Blora. “Saya sangat mengapresiasi peningkatan skill warga binaan, mereka cukup cepat dalam menjalankan instruksi dari para instruktur, ” ujar Budi Hardiono.

Dirinya berharap kegiatan ini dapat meningkatkan kualitas diri dan kemampuan dalam menjalani masa hukuman. “Saya berharap warga binaan terus meningkatkan kemampuan di bidang tata boga. Diharapkan nanti setelah mereka menjalani masa pidananya, sudah memiliki kemampuan dan keterampilan yang mendukung untuk kebutuhan ekonominya di tengah masyarakat, ” pungkas Karutan angkatan 34 ini.

Ning S