blank
Petugas Damkar melakukan penyemprotan air dari mobil brandweer, untuk menuntaskan pemadaman kebakaran rumah di Kelurahan Gedong, Kecamatan Pracimantoro, Kabupaten Wonogiri.(Dok.Damkar Wonogiri)

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Rumah milik Dwi Haryanto (52) beserta isi harta bendanya, Sabtu (25/5), ludes terbakar. Saat kebakaran terjadi, rumah dalam keadaan kosong, karena pemilik beserta keluarganya, tengah bepergian ke rumah saudaranya di wilayah Kecamatan Wuryantoro, Kabupaten Wonogiri.

Lokasi rumah yang terbakar, berada di Lingkungan Muntil RT 01/RW 02, Kelurahan Gedong, Kecamatan Pracimantoro, Kabupaten Wonogiri. Pemicu kebakaran masih dalam penyelidikan petugas, diduga akibat konsleting listrik pada jaringan terpasang di dalam rumah.

Informasi dari lokasi kejadian, menyebutkan, nyala api kebakaran diketahui mulai berkobar Pada Pukul 09.30. Kepada petugas, Saksi Suharno (64), warga Lingkungan Muntil RT 02/RW 03, Kelurahan Gedong, menyatakan, saat melintas di depan rumah Dwi Haryanto, melihat ada kepulan asap.

Curiga itu pertanda kebakaran, Saksi Suharno kemudian mendekatinya untuk mengecek ke lokasi. Saat mendekat, dia dikagetkan oleh suara letupan dari dalam rumah, disertai dengan kilatan nyala api. Pemilik rumah dipanggil-panggil tidak ada respon, karena ternyata rumah dalam keadaan kosong.

Saksi Suharno, kemudian memberitahukan temuannya tersebut ke tetangga terdekat, termasuk ke Saksi Parman (54). Bersama warga sekitar, kemudian rama-ramai memberikan pertolongan pemadaman dengan alat seadanya. Tapi kobaran api makin membesar, karena di lokasi tidak tersedia air dan Alat Pemadam Api Ringan (APAR).

Kamar

Segera kejadian kebakaran rumah ini, disampaikan ke Perangkat Kelurahan Gedong dan diteruskan ke Polsek Pracimantoro. Menurut Kapolsek Pracimantoro, Iptu Bunal Eko Trilaksono, laporan kebakaran disampaikan pada Pukul 09.45. Petugas piket Polsek langsung meluncur ke lokasi, dan bersamaan itu dikontak permohonan bantuan ke Pemadam Kebakaran (Damkar) Pemkab Wonogiri.

Kepala Satpol-PP Pemkab Wonogiri Joko Susilo dan Pj Kabid Damkar Hery Indrastiyono, melalui Koordinator Lapangan Damkar Sriyanto Kembo, menyatakan, begitu mendapatkan kontak permintaan bantuan pemadaman, langsung dikirim mobil brandweer ke lokasi.

Yakni mobil brandweer dari Markas Komando (Mako) Induk
Wonogiri satu unit dipimpin Komandan Regu-I Pimpinan Parno Pahing. Ditambah satu unit mobil brandweer dari Markas Cabang (Macab) Damkar di Kecamatan Baturetno.

Dengan kekuatan 10 personel fireman Damkar, dilakukan pemadaman sampai tuntas. Proses penuntasan kebakaran dibantu jajaran Polsek dan personel dari Koramil-13 Pracimantoro, bersama Perangkat Kelurahan Gedong dan warga masyarakat.

Tidak ada korban jiwa dalam musibah kebakaran ini. Hasil pemeriksaan sementara di lokasi, menemukan indikasi sumber api disebabkan oleh adanya hubungan arus pendek. Yang itu berasal dari dalam kamar tidur.
Bambang Pur