Bupati Indrata Nur Bayuaji (berdiri kiri), memberikan sambutan pengarahan, saat melakukan pembukaan pelatihan di Pendapa Kabupaten Pacitan.(Dok.Prokopim Pemkab Pacitan)

PACITAN (SUARABARU.ID) – Ratusan warga Kabupaten Pacitan, Jatim, menjadi peserta pelatihan keterampilan kerja berdasarkan unit kompetensi Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBH CHT). Kepada mereka, juga diberikan bantuan peralatan kerja secara gratis, untuk memulai usaha.

Bagian Prokopim Pemkab Pacitan, mengabarkan, pelatihan keterampilan diberikan oleh Dinas Perdagangan dan Ketenagakerjaan Kabupaten Pacitan. Peserta pelatihan yang sebagian besar usia muda tersebut, berkesempatan mendapatkan ilmu keterampilan sesuai unit kompetensi masing- masing. Mereka juga mendapat bantuan peralatan gratis untuk memulai usaha.

Pelatihan berdasarkan unit kompetensi DBH CHT Kabupaten Pacitan Tahun 2024 ini, dibuka langsung Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji di Pendapa Kecamatan Kebonagung. Diikuti sebanyak 420 peserta dari 21 desa/kelurahan penghasil komoditi tembakau.

Para peserta pelatihan, akan ditempa 5 keterampilan sesuai unit kompetensi. Yakni pelatihan pembuatan pakan ternak dan pupuk organik, ketrampilan merakit baja ringan, menjahit, pembuatan kue serta  biofarmaka jamu.

“Pesan saya, tolong gunakan kesempatan ini sebaik-baiknya. Karena belum semua bisa berkesempatan sama seperti panjenengan (kalian),” kata Bupati.

Mas Aji (panggilan akrab Bupati Pacitan), minta, momentum ini dimanfaatkan semaksimal mungkin. Harapannya, setelah mengikuti pelatihan dan mahir, dapat membuka kursus atau pelatihan sendiri, serta bisa mengembangkan usaha. Jika hal tersebut berjalan, maka tandanya program pelatihan ini sukses.

Program pelatihan ini merupakan upaya pemerintah agar masyarakat tangguh dan menambah perekonomian. “Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan SDM masyarakat di pedesaan, terutama desa-desa penghasil komoditi tembakau, dengan harapan setelah mengikuti pelatihan akan menciptakan lapangan kerja baru,” tandas Kepala Dinas Perdagangan dan Ketenagakerjaan Kabupaten Pacitan, Acep Suherman.
Bambang Pur