blank
Salah satu postingan TMM yang diunggah panitia acara yang berujung kisruh di ranah dunia maya. Foto: Langkapan layar IG

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Semarang Fravarta Sadman memberikan klarifikasi terkait penyelenggaraan Tugu Muda Marathon yang menimbulkan banyak polemik hingga ramai di jagat media sosial.

Fravarta menyebut jika dalam even tersebut, Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang dalam hal ini hanya memfasilitasi tempat. “Itu bukan kegiatan inisiatif dari Pemkot Semarang, jadi tidak ada anggaran yang ke situ,” ujar Fravarta melalui sambungan telepon, Jumat (24/5/2024).

Dirinya menjelaskan bahwa event organizer Dolan Aja Dulu sebagai penyelenggara kegiatan Tugu muda Marathon dan tidak ada kerja sama penyelenggaraan event dengan Pemkot Semarang.

Bahkan, lanjutnya, tidak ada alokasi APBD Kota Semarang yang digunakan dalam event Tugu Muda Marathon.

“Itu mereka mau mengadakan kegiatan marathon 5 km, 10 km, 21 km dan kemudian mau izin meminjam tempat di situ. Mereka audiensi, sekaligus menyampaikan bahwa ingin menggunakan Balai Kota Semarang,” katanya.

Pemkot Semarang hanya memberikan izin penggunaan halaman Balai Kota Semarang dengan syarat-syarat tertentu yang wajib dipatuhi oleh penyelenggara event.

“Pemerintah kota tidak ikut andil dalam kegiatan ini. Artinya siapa pun sebelumnya boleh-boleh saja untuk memakai halaman Balai Kota Semarang, kan itu ruang terbuka. Dengan izin ke bagian rumah tangga,” imbuhnya.

Kebetulan, lanjut Fravarta, hari tersebut Balai Kota Semarang sedang tidak digunakan sehingga mereka bisa memakainya.

“Mereka juga minta tolong untuk menghubungkan ke Dishub terkait jalur, justru kami itu membantu,” sebut Fravarta.

Dia menekankan jika penyelenggaraan event tersebut bukan inisiatif Pemerintah Kota Semarang. Justru Pemkot Semarang punya agenda kegiatan marathon yang akan berlangsung pada akhir September 2024 nanti.

“Pemkot punya gawe sendiri menggandeng Kompas menggelar Semarang 10k September nanti. Nah itu bener-bener kegiatan kita bekerja sama dengan Kompas, sharing kan gitu,” bebernya.

“Kalau ini (Tugu Muda Marathon) murni kegiatan pihak ketiga, event organizer Dolan Aja Dulu yang basecampnya berada di Jalan Hasanudin G12B Plombokan, Semarang Utara, Kota Semarang,” jelas dia.

Fravarta menegaskan jika segala risiko terkait penyelenggaraan event Tugu muda Marathon, menjadi tanggung jawab penuh event organizer Dolan Aja Dulu.

Hery Priyono