blank
ilustrasi sauna. Foto: Freepik

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Sauna merupakan ruangan dengan suhu panas dan kering yang digunakan untuk membantu tubuh lebih rileks dan mengeluarkan keringat serta membakar lebih banyak kalori. Sauna bertujuan untuk bersantai di panas kering. Sauna bisa memberikan manfaat bagi kesehatan jantung yang serupa dengan yang diperoleh dari olahraga. Berbahaya jika minum alkohol sebelum atau selama sauna.

Sebuah studi menunjukkan bahwa sauna yang dilakukan secara teratur dapat menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah. Peneliti juga menemukan bahwa sauna dapat menurunkan tekanan darah dan meningkatkan detak jantung yang efeknya serupa dengan olahraga ringan.

Dilansir daari Suara.com, jenis sauna yang paling populer yakni sauna inframerah yang menggunakan energi cahaya dalam memanaskan tubuh, dan juga sauna kering dengan menggunakan alat panas untuk menghangatkan suhu udara. Lantas, apa saja sih manfaat dari terapi sauna?

Dilansir dari dailybenefit.com serta hellosehat, inilah beberapa manfaat yang bisa kamu peroleh setelah melakukan sauna.

1. Menghilangkan stres

Sauna ternyata mampu untuk menyeimbangkan hormon stres pada tubuh. Artinya dengan melakukan sauna, maka akan menciptakan relaksasi pada tubuh.

Sensasi hangat yang diciptakan pada ruangan sauna menyebabkan pikiran menjadi tenang dan memberikan efek positif untuk kesehatan mental. Hal ini lantaran, sauna juga mampu meningkatkan hormon endorfin, yakni hormon kebahagiaan.

2. Menurunkan kolesterol

Jika kamu memiliki kolesterol yang tinggi, maka ada baiknya kamu mulai mencoba untuk sauna. Melansir dari studi Pilch dkk pada tahun 2010 yang dikutip dari hellosehat, orang yang rutin melakukan sauna maka mengalami penurunan kadar kolesterol total, lho.

Namun, jangan hanya mengandalkan sauna saja, ya. Kamu juga disarankan untuk rutin melakukan latihan fisik serta mengonsumsi asupan yang sehat.

3. Memulihkan otot

Efek panas yang dihasilkan dari ruangan sauna, rupanya bisa membantu memulihkan ketegangan nyeri serta mengendurkan otot.

Selain itu, sirkulasi darah yang meningkat membantu detoksifikasi serta mengalirkan darah kaya akan oksigen ke otot. Sehingga otot yang mengalami masalah akan pulih lebih cepat.

4. Meredakan nyeri

Pada studi yang diterbitkan tahun 2018, dalam jurnal Evidence-Based Complementary And Alternative Medicine, yang dikutip dari hellosehat, maka penelitian menunjukkan jika mandi sauna mampu meredakan nyeri serta meringankan gejala sakit kepala tegang yang kronis.

Meskipun perlu penelitian lebih lanjut, namun tidak ada salahnya untuk melakukan sauna karena bisa meredakan rasa nyeri.

5. Menurunkan berat badan

Sauna inframerah, rupanya bisa membantu dalam menurunkan berat badan lho. Hal ini lantaran, ada peningkatan suhu tubuh yang menyebabkan tubuh akan bekerja keras dalam menurunkan suhu inti.

Nah, akibatnya tubuh akan membakar kalori yang pada akhirnya terjadi penurunan berat badan. Tetapi, hal ini juga perlu diimbangi dengan pola makan yang sehat.

Itulah beberapa manfaat dari terapi sauna yang baik untuk kesehatan. Setelah mengetahui beberapa manfaat sauna di atas, jangan lupa untuk selalu menjaga pola makan dan terapkan gaya hidup sehat, ya. Semoga bermanfaat.

Claudia