blank
Rukma Setyabudi mantan Ketua DPRD Jateng 2014-2019 mengisi formulir pendaftaran sebagai bacagub Jateng, di Kantor DPD PDIP Jawa Tengah, Jumat 24 Mei 2024 siang. (Foto: Diaz Aza)

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Politisi senior PDIP Rukma Setyabudi memberi kejutan dengan mendaftar bakal calon gubernur (bacagub) Jawa Tengah (Jateng) untuk pemilihan kepala daerah (pilkada) 2024.

Rukma Setyabudi mantan Ketua DPRD Jateng 2014-2019 itu mengambil formulir pendaftaran sebagai bacagub Jateng, di Kantor DPD PDIP Jawa Tengah, Jumat 24 Mei 2024 siang.

“20 tahun saya di sini (Panti Marhaen DPD PDIP Jateng). (Saya) muncul lagi. Intinya , minta dukungan teman-teman semua,” kata dia m

Rukma Setyabudi sosok 66 tahun itu mengaku harus ikut serta di perpolitikan Jateng karena melihat kondisi perpolitikan saat ini.

“Perpolitikan kita di Indonesia ini sekarang yang sangat amburadul,” katanya.

Menurutnya, saat ini sedang terjadi politik praktis yang dilakukan.

“Itu tidak sesuai ideologi kita,” ucapnya.

Dia ingin berjuang bersama dalam koridor kerakyatan dan tong royong.

“Jangan sampai marwah itu hilang. Itu yang harus kita pertahankan,” katanya.

Dengan datangnya Rukma Setyabudi ke Panti Marhaen, dia memastikan telah mengisi formulir pendaftaran gubernur Jateng melalui PDIP.

“Banteng-banteng tua (politisi kawakan) terpanggil untuk turun gunung. Untuk beri sumbangsih untuk negarai ini khususnya di Jawa Tengah,” ujarnya.

Dia menegaskan, bila sebetulnya masih banyak banteng-banteng tua di Jateng.

“Dalam pendaftaran saya inu, saya sekalian ingin sampaikan selamat bagi rekan-rekan kita yang sedang rakernas di Ancol Jakarta. Selamat juga untuk yang berjuang dalam ruh kerakyatan dan gotong royong,” kata dia.

Diaz Aza