Yoyok Sukawi bersama jajaran pengurus DPC Demokrat Kota Semarang menghadiri undangan wawancara yang diadakan DPC Gerindra Kota Semarang dalam rangka keikutsertaannya dalam Pilkada Kota Semarang 2024, Kamis (23/5/2024). (foto hp)

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Yoyok Sukawi yang maju dalam kontestasi Pilwakot Semarang 2024 sebagai bakal calon Walikota rupanya mengidam-idamkan sosok Wakil Walikota yang bisa diajak Kerjasama bareng.

Hal tersebut terungkap pasca dirinya menghadiri undangan wawancara penjaringan bakal calon kandidat Pilkada Semarang 2024 yang diadakan oleh DPC Gerindra Kota Semarang, Kamis (23/5/2024).

“Secara pribadi saya menginginkan sosok wakil yang asyik dan bisa diajak kerja bareng memikirkan rakyat,” kata Yoyok usai mengikuti wawancara dengan para petinggi Gerindra Kota Semarang.

Walau begitu, dirinya mengatakan terkait dengan siapakah yang akan menjadi wakil walikota yang mendampinginya hal tersebut masih menunggu keputusan dari partai koalisi.

“Itu nanti (wakil), akan diputuskan partai koalisi, karena mereka (partai koalisi) kan memiliki kriteria dan pertimbangan sendiri,” kata pria yang juga menjadi CEO PSIS Semarang ini.

Dalam undangan wawancara DPC Gerindra Kota Semarang tersebut, dirinya mengatakan selama satu setengah jam lebih ditanya soal kesiapannya maju dalam kontestasi Pilwakot Semarang 2024.

Mulai dari pertanyaan visi misi apabila terpilih menjadi walikota, rencana kerja apa saja yang akan dilakukan, kesiapan pendanaan, strategi pemenangan, hingga persiapan kampanye Ketika sudah mendapat rekomendasi maju.

“Mas Yoyok ini ternyata sudah mempersiapkan penyampaian visi misinya, terus apa yang mau dilakukan selama lima tahun ke depan itu dia sudah disiapkan dengan baik,” kata Ketua Desk Pilkada Partai Gerindra Kota Semarang, Joko Santoso.

Menurut Politisi Gerindra yang biasa disapa Joko Joss ini, dari hasil penjajakan dan pendalaman yang dilakukan Partai Gerindra, sosok Yoyok Sukawi memiliki peluang.

Yoyok sukawi sendiri saat ini menjadi tokoh ke-6 yang datang memenuhi undangan wawancara Partai Gerindra Semarang dalam penjaringan untuk bakal calon kandidat yang akan mengikuti kontestasi Pilwakot Semarang 2024.

“Kami mengundang bukan tanpa alasan. Itu sudah ada komunikasi awal, makanya kita undang datang ke sini wawancara terkait kesiapan. Apalagi ini kan maju dengan kendaraan partai,” kata Joko.

Hingga saat ini, beberapa nama yang telah diundang datang untuk wawancara kesiapan mengikuti Pilkada Semarang 2024 di antaranya seperti 2 kader internal yaitu Mualim dan Yudi Indras. Sedangkan dari eksternalnya seperti sekda Iswar Aminuddin, pengusaha Dewi Susilo Budiharjo, mantan walikota Soemarmo, dan Yoyok Sukawi yang juga anggota DPR RI dari Demokrat.

HP