Bendahara DPP PDIP Jateng Agustina Wilujeng memotong tumpeng pembukaan penjaringan calon kepala daerah di Kantor DPP PDIP Jateng, di Semarang, di mana ada Heru Sudjatmiko (berbaju batik), Rabu 22 Mei 2024. (Foto: Diaz Aza)

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Sosok lama era mantan Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo masuk bursa bakal calon wakil gubernur (bacawagub) Jateng untuk pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2024.

Dialah mantan Wakil Gubernur Jateng periode 2013-2018, Heru Sudjatmiko, yang berniat maju menjadi Wakil Gubernur Jateng melalui PDIP.

Heru Sudjatmiko mengambil formulir pendaftaran bacawagub Jateng 2024 di kantor DPD PDIP Jawa Tengah, Rabu 22 Mei 2024.

Alasan maju calon wakil Gubernur Jateng sadar diri, ia tidak punya logistik yang cukup untuk bisa berkontestasi sebagai bakal calon Gubernur.

Mantan Bupati Purbalingga punya alasan mengapa memilih maju jadi bacawagub Jateng 2024.

“Bukan rahasia umum ya. Kalau biaya nyalon gubernur kan besar. Saya tidak sanggup untuk (biaya) itu. Tapi mungkin kalau (pemgalaman) pekerjaan saya tahu. karena dulu pernah jadi wakil gubernur, tapi saya mendaftar niatnya untuk ibadah,” kata Heru Sudjatmiko kepada awak media.

Sosok yang kini masih menjabat sebagai anggota DPR RI itu, memilih maju sebagai bacawagub yang pertama hari ini sejak dibuka DPP PDIP Jateng.

“Niat saya hari ini mendaftarkan diri, bukan calon gubernur tapi wakil gubernur. Tidak punya target (harus direkomendasi) karena ini jadi kesediaan saya selama masih merasa mampu dan diberi mampu, saya ingin tetap berbuat sesuatu,” ucap dia.

Lebih lanjut, Bendahara DPD PDIP Jateng, Agustina Wilujeng, menambahkan bila penjaringan untuk para calon kepala daerah ini terbuka untuk umum dan tidak dipungut biaya.

“Jadi terbuka untuk siapapun internal dan eksternal. Eksternal terbuka untuk para tokoh-tokoh,” kata dia.

“Semua yang ingun mendaftar, nanti kita kirim ke DPP. Jadi prosesnya ini masih panjang, semoga banyak tokoh yang mendaftar,” kata Agustina melanjutkan

Aguatina Wilujeng mengatakan tidak mengetahui siapa-siapa saja secara spesifik yang bakal masuk dalam penjaringan.

Terlebih, kata dia, hari ini penjaringan calon lepala daerah baru saja dibuka.

Untuk diketahui, DPP PDIP Jateng membuka penjaringan atau pengambilan Pilgub Jateng mulai hari ini atau 22-31 2024.

Diaz Aza