Ilustrasi imunisasi rutin lengkap. Foto: Dok/Pixabay

“Saat ini, kita perlu mempercepat pemberian imunisasi bagi anak-anak yang belum imunisasi atau belum lengkap imunisasinya, agar tidak terjadi kasus-kasus atau Kejadian Luar Biasa (KLB) PD3I seperti difteri, polio, campak, rubella. Munculnya beberapa Kejadian Luar Biasa (KLB) ini menjadi alarm bagi kita semua untuk mulai fokus terus mengejar ketertinggalan pada tahun 2024 ini,” ungkapnya.

Pada puncak PID yang diselenggarakan Kemenkes tahun 2024, ada pemberian imunisasi di booth yang telah disediakan serta verifikasi data pada aplikasi SATUSEHAT mobile.

Sheila, salah satu ibu dari Jakarta yang menghadiri kegiatan PID sembari membawa anaknya berusia 21 bulan mengatakan, ia sangat terbantu dengan adanya aplikasi SATUSEHAT mobile. Ia juga mengatakan, imunisasi yang didapatkan putranya telah lengkap dan sertifikat imunisasinya telah terbit pada aplikasi SATUSEHAT mobile.

“Alhamdulillah, merasa terbantu, karena lebih simpel bisa ngeliat di handphone kalau lupa bawa KMS (Kartu Menuju Sehat), so far aman login-nya gampang cukup pake handphone aja,” kata Sheila.

Imunisasi tidak hanya penting bagi bayi dan anak-anak, melainkan juga orang dewasa agar terlindungi dari berbagai penyakit. Namun, banyak masyarakat belum menyadari pentingnya melakukan imunisasi, bahkan tidak mengetahui imunisasi apa saja yang mereka butuhkan.

Karena itu, sosialisasi dan edukasi mengenai hal tersebut sangatlah penting demi kesuksesan Program Imunisasi Nasional. Sebab, masyarakat harus percaya bahwa imunisasi merupakan solusi pencegahan penyakit yang aman dan efektif.

Pada pekan PID 2024, pemerintah memberikan penghargaan dan hadiah kepada pelopor sebagai bentuk apresiasi kepada puskesmas, dan kabupaten/kota. Kategori penghargaan, yakni puskesmas dengan capaian ASIK tertinggi, kabupaten/kota dengan cakupan Imunisasi rutin tertinggi tahun 2023-TW 1 2024, kabupaten/kota dengan cakupan sepekan mengejar imunisasi tertinggi, kabupaten/kota dengan kinerja surveilans AFP dan discarded MR terbaik.

Pemerintah juga memberikan penghargaan dan hadiah kepada pemenang kompetisi penggiat media sosial dan kompetisi jurnalis dengan materi dan penulisan terbaik. Pada pekan PID 2024, ada pula peluncuran (launching) sertifikat dan notifikasi imunisasi.

Ning S