Keindahan air terjun Kedung Mansur Banjarejo yang membutuhkan perhatian dan perawatan. Foto diambil Sabtu, 18 Mei 2024. Foto: Taklay Marvel Blora

B𝗟𝗢𝗥𝗔 (SUARABARU.ID) —Kedung Mansur adalah salah satu potensi wisata alam berupa grojogan atau air terjun mini yang dilengkapi dengan wisma bercorak budaya Jawa.

Selain pesona alam yang menarik, ternyata tempat wisata yang berada di Dukuh Temanjang Desa Jatisari Kecamatan Banjarejo Kabupaten Blora, Jawa Tengah ini, juga memiliki sederet cerita rakyat.

Untuk melakukan perjalanan menuju tempat wisata Kedung Mansur Banjarejo Blora, start dari Alun-alun kota Blora arah selatan di Jalan Blora – Randublatung.

Sesampainya di pertigaan Ngodo Desa Semanggi, lalu belok kanan (arah barat), perjalanan panjang menelusuri hutan jati, setelah memasuki gapura Desa Jatisari, sampailah lokasi peninggalan bersejarah (Kedung Mansur). Sabtu, (18/5/2024).

Seorang warga Blora yang melakukan perjalanan ke Kedung Mansur, sempat merekam di ponselnya, Ragga Marvel mengatakan bahwa pada pintu masuk Kedung Mansur ada Arca dan gapura bertuliskan Jawa kuno.

“Di dekat wisma ada sumur tua dan pohon asam,” ujar Ragga Marvel.

Wisma yang ada di Kedung Mansur sebagai rumah singgah, tempat berkumpul para pengunjung.

“Mereka kumpul di sini wisma sebentar, sebelum menuju grojogan air terjun,” kata Ragga Marvel.

Gerbang menuju air terjun grojogan ada patung hewan, lanjut Ragga Marvel, jalan setapak menuju kawasan sendang wisma Kedung Mansur Banjarejo.

“Ada suara gemercik air dan suara burung menghiasi suasana indah di sendang wisma Kedung Mansur,” kata Ragga Marvel.

“Juga ada bangunan sumur sendang wisma, di dekat atau di atas Grojokan Kedung Mansur,” ucap Ragga Marvel.

Di lokasi Grojokan Kedung Mansur, airnya lumayan deras sehingga menunggu para wisatawan untuk datang ke desa Jatisari, Kecamatan Banjarejo ini, imbuh Ragga Marvel.

“Inilah keindahan alam yang tersembunyi di wilayah Blora, yakni Kedung Mansur, Banjarejo,” ujar Ragga Marvel.

Menurutnya, sangat disayangkan kalau sendang wisma, Air terjun Grojokan Kedung Mansur, dibiarkan terbengkalai.

Di kawasan air terjun Kedungmansur terbengkalai dengan banyak tetumbuhan liar, yang menguatkan kesan tak terawat.

Wisata alam yang begitu indah, jarak dari kota Blora sekira 18 kilometer. Dibutuhkan perhatian baik dari warga setempat, desa atau bahkan pemerintah untuk menjadikan tempat ini menjadi destinasi yang menarik untuk dikunjungi orang.

Air terjun Kedung Mansur yang memiliki keindahan dan dukungan alam sekitarnya. Foto: Ragga Marvell

Air terjun Kedung Mansur, tempat yang indah sekali namun sayangnya tidak terrawat, banyak sekali daun dan ranting bambu yang mengotori keindahan air terjun ini.

Jalan akses menuju air terjun kedung mansur terbilang cukup jelek dan lokasinya terletak ditengah hutan. Untuk masuk ke lokasi air terjun ini tidak dipungut biaya.

Kudnadi Saputro