Bhikkhu Thudong
Tempat Ibadah Tri Dharma ( TITD) Liong Hok Bio Magelang mempersiapkan diri menyambut kedatangan 40 bhiksu Thudong. Diantaranya mempersiapkan tempat tidur bagi para Bhikkhu Thudong untuk bermalam,sebelum melanjutkan perjalanan ke Candi Borobudur. Foto: W. Cahyono

MAGELANG ( SUARABARU.ID)- Sebanyak 40 Bhikkhu Thudong yang menjalani  pelatihan  diri  berjalan kaki dari Kota Semarang menuju Candi Borobudur, akan menginap di Tempat Ibadah Tri Dharma ( TITD) Liong Hok Bio Magelang. Ke -40  Bhikkhu Thudong tersebut berasal dari empat negara di Asia Tenggara.

“Ke -40 Bhikkhu Thudong tersebut berasal dari empat negara Asia Tenggara. Yakni dari Thailand, Malaysia, Singapura dan Indonesia,”kata Koordinator Humas Walubi Nasional 2568 BE/2024, Eric Fernando di Magelang, Kamis (16/5/2024).

Eric mengatakan, sebelumnya para Bhikkhu Thudong tersebut melakukan perjalanan dari Vihara Sima 2500 Buddha Jayanti Semarang pada Kamis ( 16/5), kemudian singgah di klenteng Ambarawa, Kabupaten Semarang. Sebelum masuk ke wilayah Magelang, ke 40 Bhikkhu Thudong yang terdiri atas 30 bhikkhu  empat negara tersebut juga singgah di  Wisma Jayawijaya, Kecamatan  Kaloran, Kabupaten Temanggung.

Bhikkhu Thudong
Koordinator Humas Walubi Nasional 2568 BE/2024, Eric Fernando. Foto: W. Cahyono

Menurutnya, setelah dari wilayah  Kabupaten Temanggung para Bhikkhu Thudong singgah di Tempat Ibadah Tri Dharma Liong Hok Bio Kota Magelang pada Minggu ( 19/5/2024).

“ Sesampainya di Candi Borobudur pada Senin ( 20/5), para Bhikkhu Thudong akan masuk ke Candi Borobudur,  masuk melalui Gerbang Kalpataru dan  Marga Utama. Lalu, akan melaksanakan pradaksina ( berjalan mengelilingi candi searah jarum jam) di struktur Candi Borobudur,”kata Eric.

Terpisah, Wakil Ketua Harian  Yayasan Tri Bakti Magelang Gunawan mengatakan, umat TITD Liong Hok Bio akan menyambut kedatangan ke-40 Bhikkhu Thudong mulai dari perbatasan Kabupaten Temanggung dengan Kabupaten Magelang, tepatnya di Desa Pare, Kecamatan Kranggan, Kabupaten Magelang.

“Sebanyak 40 umat dari TITD Liong Hok Bio akan menyambut di Desa Pare. Dan, para umat TITD akan mendampingi hingga TITD Liong Hok Bio,”katanya

Ia menambahkan,  sesampainya di halaman TITD Liong Hok Bio Magelang, para Bhikkhu Thudong akan disambut dengan barongsay.  Selain itu, umat TITD Liong Hok Bio juga akan melakukan pencucian kaki para bhikkhu dan penebaran bunga mawar di sepanjang jalan yang dilaluinya di area klenteng  Liong Hok Bio.

Menurutnya, pihaknya juga mempersiapkan tempat tidur bagi para Bhikkhu Thudong untuk bermalam di klenteng yang dibangun tahun 1864 silam.

“Kami sudah menyiapkan ruangan di aula untuk istirahat para bhiksu. Karena, di TITD Liong Hok Bio tidak ada kamar khusus,” katanya.

Gunawan mengatakan, di ruangan serbaguna TITD akan dilengkapi dengan kasur untuk tidur para Bhikkhu Thudong. Di ruangan  tersebut bisa menampung 50 orang. Setelah istirahat semalam di TITD Liong Hok Bio Magelang. Keesokan harinya (Senin/20/5/24) para Bhikkhu akan melanjutkan perjalannya ke  Candi Borobudur. W. Cahyono