Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu, melepas keberangkatan 100 jemaah haji Aparatur Sipil Negara (ASN) ke tanah Suci Mekkah untuk melaksanakan Ibadah Haji 2024 di Ruang Loka Krida Gedung Moh Ihsan, Balai Kota Semarang, Rabu (15/5/2024). Foto: Hp

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu, melepas keberangkatan 100 jemaah calon haji Aparatur Sipil Negara (ASN) ke tanah Suci Mekkah untuk melaksanakan Ibadah Haji 2024.

“Alhamdulillah hari ini Pemerintah Kota Semarang melepas keberangkatan jemaah calon haji sebanyak 100 orang ASN untuk beribadah di Tanah Suci,” ujar perempuan yang akrab disapa Mbak Ita tersebut di Ruang Loka Krida Gedung Moh Ihsan, Balai Kota Semarang, Rabu (15/5/2024).

Sebanyak 100 jemaah haji ASN ini, terdiri dari 16 orang yang merupakan Tim Pemandu Haji Daerah (TPHD) dan Tim Kesehatan Haji Daerah (TKHD).

“TPHD merupakan petugas haji yang memang diambil ada dari umum. Mulai dari tahun 2023 lalu, petugas umum ini biasanya merupakan aparat TNI-Polri, yang difungsikan untuk pengamanan. Kalau ada Pak Danramil, Kapolsek Pak pasti akan lebih bisa mendampingi dan mengantisipasi dari hal-hal yang tidak kita inginkan,” ujar Mbak Ita.

Ada pula TKHD, lanjut Mbak Ita, yakni petugas kesehatan yang berasal dari Dinas Kesehatan Kota Semarang dan Rumah Sakit KRMT Wongsonegoro (RSWN).

“Tim petugas haji setiap tahunnya pasti kami siapkan, namun harus melalui tes dan persyaratan yang ditentukan oleh pemerintah provinsi Jawa Tengah,” bebernya.

Mbak Ita menyebut, para petugas ini telah memenuhi persyaratan yang ditentukan, bahkan sebelumnya pihaknya telah mengajukan beberapa alternatif personel namun hanya terpilih 16 orang.

“Keputusannya diambil lima dari umum, lima dari pelaksana bimbingan ibadah, dan enam tim kesehatan,” jelasnya.

Selain petugas, ada 84 jemaah haji ASN Pemkot Semarang termasuk Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Semarang, Iswar Aminuddin yang akan berangkat haji.

“Kami berharap untuk jemaah bisa menjaga kondisi badan, karena di sana suhunya sampai 40-45 derajat. Bahkan di puncak haji berdasarkan informasi kepala Kemenag menyebutkan suhu udara di sana mencapai 47 derajat,” jelas dia.

Dirinya berpesan agar selain menjaga kondisi badan, jemaah haji juga diimbau untuk banyak minum air putih dan vitamin. “Karena waktunya lama sampai 40 hari sehingga harus benar-benar menjaga kondisi tubuh. Harapannya semua bisa kembali dengan selamat, tentu menjadi haji-hajjah yang mabrur dan mabruroh,” tutur dia.

Seperti diketahui, jemaah haji Kota Semarang dijadwalkan berangkat mulai tanggal 22 Mei 2024 hingga 26 Mei 2024. Total ada 1.956 jemaah di Kota Semarang yang akan berangkat melaksanakan ibadah.

Hery Priyono