PELATIHAN - Pembukaan pelatihan tata boga di Aula Balai Penyuluh Pertanian Kecamatan Bawang, Kabupaten Batang. (Foto: Diskominfo Batang)

BATANG (SUARABARU.ID) – Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Batang menggelar pelatihan berbasis kompetensi sumber Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) tahun 2024 di Aula Balai Penyuluh Pertanian Kecamatan Bawang, Kabupaten Batang, Selasa (14/5/2024).

Pelatihan kali ini memilih program tata boga yang pesertanya berjumlah 45 orang dari keluarga petani tembakau dan keluarga pekerja rokok.

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Batang Asri Hermawan mengatakan, Pemkab Batang sedang menyiapkan perempuan-perempuan yang mempunyai keterampilan tambahan guna meningkatkan ekonomi dan kesejahteraan keluarga petani tembakau.

“Pemberdayaan ekonomi terhadap perempuan akan memberikan kontribusi yang sangat besar pada keluarganya. Pelatihan tata boga pasti akan memberikan kreatifitas dalam mengembangkan wirausaha dalam bidang kuliner. Terpenting para peserta di sini bisa sungguh-sungguh mengikuti arahan mentor,” jelasnya.

Melihat potensi ke depan di Kabupaten Batang dengan adanya Kawasan Industri Terpadu Batang akan menyerap ribuan tenaga kerja yang pasti membutuhkan makanan.

Peluang itu, lanjut dia, yang sedang kami kejar. Jadi pelatihan itu tidak hanya menyiapkan tenaga kerja saja, tapi juga menyiapkan wirausahawan. “Supaya dapat memenuhi kebutuhan ekonomi serta meningkatkan keterampilan secara mandiri,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Disnaker Batang Rahmat Nurul Fadilah menuturkan, pelatihan dari dana DBHCHT memang rutin dilakukan setiap tahunnya sesuai kebutuhan pelatihan yang diinginkan.

Nur Muktiadi