Kapolda Jateng, Irjen Pol Ahmad Lutfhi dalam Apel 3 Pilar di Kabupaten Blora. Foto: Dok/Humas (13/5/2024)

BLORA (SUARABARU.ID) – Kapolda Jateng, Irjen Pol Ahmad Lutfhi hadiri Apel 3 Pilar dengan tokoh agama, tokoh masyarakat dan 3 Pilar se-Kabupaten Blora.

Kegiatan tersebut untuk menciptakan situasi kamtibmas kondusif yang berlangsung di Gedung Graha Oktana PEM Akamigas Cepu, Jalan Gajah Mada No. 38 Cepu, Senin (13/5/2024).

Hadir dalam kegiatan antara lain Wakapolda Jateng, Brigjen Pol Drs. Agus Suryonugroho , PJU Polda Jateng, Forkopimda Kabupaten Blora, tokoh agama serta tokoh masyarakat.

Dalam moment tersebut Lutfhi menyampaikan, selama gelaran Pilpres di Kabupaten Blora berlangsung kondusif berkat kerja sama yang baik dari 3 Pilar (kepala desa, bhabinsa dan bhabinkamtibmas).

“3 Pilar merupakan etalasenya negara, semua adalah perwakilan negara yang paling kecil dan merupakan ujung tombak dari pada aset nasional (aset sumber daya manusia dalam mengamankan wilayah),” ungkapnya.

“Dengan asas gotong royong tepo seliro yang kita miliki, berhasil mengeksekusi gelaran Pemilu Mantap Brata (Pilpres dan Pileg) di Blora berjalan aman, semua berkat bantuan masyarakat, tidak satupun ada konflik,” tegasnya.

Dalam Pilkada mendatang, lanjut Luthfi, untuk pengamanan, masing-masing Pemerintah Daerah harus mampu mengelola kamtibmas secara mandiri. “Saat Pilkada seluruh pemerintah kabupaten mengadakan sendiri-sendiri (pengamanannya), tidak ada backup pasukan, karena semua daerah juga menyelenggarakan hal yang sama (serempak). Untuk itu gotong royong 3 Pilar harus diperkuat,“ terang Luthfi.

“Sekali lagi kita bisa karena kita punya asas gotong royong, together we can (bersama-sama kita bisa),“ tandasnya.

Ning S