Striker Persiku hasbullah Kader (77) usai mencetak gol di gawang PSHW. foto: Persiku

KUDUS (SUARABARU.ID) – Persiku Kudus mengawali laga grup 5 babak 32 besar Liga 3 Nasional dengan manis. Menantang PS Hizbul Wathan UMY di stadion Wergu Wetan, Minggu (12/5), Macan Muria unggul tipis dengan skor 1-0. Gol tunggal Persiku dicetak oleh striker andalan Hasbullah Kader.

Mengawali pertandingan, Persiku langsung berusaha mengambil inisiatif pertandingan. Tampil dengan kekuatan penuh, anak asuhan pelatih Deny Rumba langsung berusaha menekan lini pertahanan PSHW UMY.

Menit 13, peluang emas dari Hasbullah Kader ketika lolos dari jebakan offside. Sayang tendangannya terlalu lemah dan mudah diselamatkan oleh kiper.

Kemampuan Kader lepas dari jebakan offside akhirnya berbuah hasil di menit 17. Berawal dari umpan cantik dari sisi kanan, Kader mampu mengontrol bola dengan dada dan langsung melesakkan tendangan first time. Skor berubah 1-0 untuk Persiku.

Menit 28, peluang matang juga kembali diperoleh Persiku ketika Zola Anggoro yang mendapat umpan matang dari Kader, gagal menceploslan bola meski tinggal berhadapan satu lawan satu dengan kiper lawan.

PSHW sebenarnya juga mampu menekan. Di menit 35, sebuah penetrasi dari sisi kiri pertahanan Persiku, mampu menciptakan peluang berbahaya yang akhirnya diselamatkan oleh penjaga gawang Yoga.

Tekanan PSHW semakin meningkat menjelang babak pertama berakhir. Sejumlah penetrasi hingga tendangan berbahaya mampu dilesakkan PSHW. Namun, akurasi serta power yang masih kurang membuat sejumlah shoot tidak terlalu membahayakan gawang Persiku. Hingga babak pertama berakhir, skor tetap 1-0 untuk Macan Muria.

Persiku kembali mendapat peluang di menit 64 dan 66, saat tendangan pemainnya dari luar kotak penalty berhasil on target. Sayangnya, kipper PSHW cukup sigap menghalau bola.

Kiper PSHW Ihza Augusta juga beberapa kali menjadi penyelamat saat menyelamatkan peluang satu lawan satu dari Zola Anggoro di menit 69, meski harus berbuah pelanggaran dan kartu kuning. Ihza juga sukses menepis tendangan bebas Zola yang menyasar pojok kanan gawangnya.

Sekitar 10 menit akhir babak kedua, Macan Muria mulai mengendorkan tekanan dan lebih berkonsentrasi di lini pertahanan. Situasi tersebut dimanfaatkan PSHW dengan terus melakukan penyerangan.  Beberapa kali PSHW sukses membuat lini pertahanan Persiku yang digalang oleh Heri sempat goyah.

Bahkan di menit 80, PSHW sempat menciptakan peluang ketika winger mereka dijatuhkan oleh pemain belakang Persiku di kotak penalti. Namun wasit bergeming dan tidak meniup peluit pelanggaran.

Alhasil, keunggulan satu gol bagi Persiku tersebut bertahan hingga pertandingan usai.

Atas hasil ini, Persiku sukses mengamankan tiga angka dan menjadi pemuncak klasemen sementara grup 5. Sementara, dua tim lain yakni Persiba Bantul dan UNS Surakarta berada di peringkat kedua dan ketiga setelah pada pertandingan sebelumnya hanya bisa bermain imbang 1-1.

Pelatih Persiku Kudus, Deny Rumba mengaku cukup puas dengan kemenangan yang diraih anak asuhnya. Meski demikian, dia minta Kader cs untuk terus fokus untuk meraih hasil maksimal di laga-laga berikutnya.

“Hasil ini harus kami syukuri, tapi kami minta anak-anak tetap fokus pada laga-laga selanjutnya,”tukasnya.

Macan Muria akan kembali melakoni laga pada Selasa (14/5) melawan UNS dan Kamis (16/5) kontra Persiba Bantul.

Ali Bustomi