JALAK SUREN - Pj Wali Kota Tegal, Ketua DPRD Kota Tegal, Komisioner KPU Jateng, Komisioner KPU Kota Tegal, dan Forkopimda bersama maskot burung Jalak Suren. (Foto: Sutrisno)

TEGAL (SUARABARU.ID) – Komisi  Pemilihan Umum (KPU) Kota Tegal meluncurkan tahapan Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tegal 2024 melalui Musik Demokrasi Kebangsaan di Jalan Pancasila, Kota Tegal, Sabtu (12/5/2024) malam.

Ketua KPU Kota Tegal, Karyudi Prayitno SH menyampaikan bahw pemilihan maskot Jalak Suren merupakan salah satu burung yang ada di Tegal dan sekitarnya yang hidup berpindah-pindah.

Maskot Jalak Suren sendiri memiliki kepanjangan ‘Jangan Lupa Pilkada Serentak Suara Rakyat Endah Nyoblos’ mengajak masyarakat untuk bersama-sama mensukseskan Pilwalkot mendatang.

Pemilihan tempat launching di Taman Pancasila juga memiliki filosofi dan nilai sejarah. “KPU Kota Tegal ingin menjadikan nilai sejarah Taman Pancasila menjadi penggerak dan penyemangat masyarakat agar bersama-sama mensukseskan Pilwalkot pada 27 November 2024 mendatang,” kata Karyudi.

Komisioner KPU Provinsi Jawa Tengah, Muhammad Machruz menyampaikan apresiasi untuk Kota Tegal, tahapan Pemilu pada Pilpres dan Caleg di Kota Tegal dengan partisipasi mencapai 70 persen. Tidak ada sengketa, tidak ada gugatan ke Mahkamah Konstitusi hingga dinyatakan aman dan kondusif.

Pejabat (Pj) Wali Kota Tegal Dadang Somantri, dalam sambutannya mengajak masyarakat Kota Tegal untuk menggunakan hak pilih dan tidak menjadi kelompok golongan putih alias golput dalam pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak 27 Oktober  2024 mendatang.

Sementara kelompok musik Drive melaunching jingle Pilkada Kota Tegal berjudul Bersama Kita Memilih dibawakan oleh Vokalis Drive, Axl Ramanda yang tampil memukau penonton.

Sutrisno