Wali Kota Muchamad Nur Aziz melepas strat reli mobil kuno dalam rangka memperingati Hari Jadi Kota Magelang. (Bag Prokompim, Pemkot Magelang)


MAGELANG (SUARABARU.ID) –
Sebanyak 185 mobil kuno mengikuti reli yang diselenggarakan Pemkot Magelang dan Perhimpunan Penggemar Mobil Kuno Indonesia (PPMKI). Start dari Alun-alun Kota Magelang pada Sabtu (11/5) menuju Yogyakarta, dan finish di Mako Polres Magelang Kota.

Kegiatan ini agenda rutin dalam rangka memeriahkan Hari Jadi Kota Magelang. Tahun ini digelar dua hari. Hari pertama reli dan hari kedua keliling kawasan Magelang Raya.

Wali Kota Magelang dr. Muchamad Nur Aziz mengatakan, reli mobil kuno ini menjadi salah satu cara agar panjang umur, karena kegiatan ini mengandung unsur wisata.

‘’Ada tiga hal kalau orang mau panjang umur. Yaitu suka makan sayur dan buah, hati yang terbuka dan berwisata. Reli mobil kuno ini termasuk wisata,’’ katanya.

Imam Sarwo Santoso, Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata Kota Magelang menjelaskan, reli mobil kuno bertujuan untuk memberikan apresiasi dan motivasi kepada seluruh peserta yang mempunyai komitmen yang tinggi dalam merawat secara tekun dan penuh kecintaan terhadap benda-benda yang memiliki sejarah, utamanya mobil kuno.

‘’Peserta mobil kuno 185, dengan peserta hampir 500 orang dari seluruh Indonesia,” jelas Imam.

Pembina PPMKI Jawa Tengah Johnny Pramoedito menyampaikan selamat datang kepada peserta PPMKI dari luar kota di Magelang. Para peserta berasal dari Jakarta, Jawa Timur, Jawa Barat, Yogyakarta, Solo, Purwokerto, Semarang, Magelang dan sekitarnya.

‘’Peserta tersebut kurang lebih 450 orang. Kami dari tahun-tahun yang sudah, ada salah satu teman dari Mojokerto yang sempat mengingatkan sudah 32 kali datang ke Magelang. Jadi, kami sejak tahun 1990 sudah selalu mempromosikan wisata Kota Magelang,’’ tuturnya.

Ketua Asosiasi Mobil Klasik Arab Saudi, yang juga mantan Dubes Arab Saudi untuk Indonesia, Osama Muhammad Abdullah Al- Shuaibi, turut hadir sekaligus mengikuti reli tersebut.

Osama menyampaikan rasa terimakasih karena telah diundang ke acara yang luar biasa ini. Dia juga terkesan dengan Kota Magelang yang udaranya sejuk, setelah menempuh perjalanan dari Jakarta.

‘’Terima kasih telah mengundang saya selaku ketua pecinta mobil kuno di Arab Saudi. Selamat Hari Jadi Kota Magelang. Semoga (kegiatan ini) bisa meningkatkan pariwisata,’’ ujarnya.

Usai sambutan, Osama memberikan cinderamata untuk Wali Kota Magelang, Ketua PPMKI Pusat dan Pembina PPMKI Jawa Tengah.

Salah satu peserta rally mobil kuno, Wawan Santoso (41) mengatakan, mobil yang dipakai jenis Dodge Deluxe buatan Amerika tahun 1948. Dia memiliki mobil tersebut sudah sekitar sedasawarsa lamanya.

‘’Setiap tahun ke Magelang ikut reli ini. Untuk PPMKI kita rutin (ikut) wilayah Nusantara. Paling jauh ikut di Bali,’’ ungkap warga Solo itu.

Untuk perawatan mobil, kata dia, sejauh ini mobil sudah direstorasi siap jalan. Sedangkan untuk perawatan tidak jauh berbeda dengan mobil sekarang. Yakni rutin cek oli, air, instalasi rem, kelistrikan dan lainnya. (prokompimkotamgl)