blank
Pasangan Samani-Bellinda saat menyerahkan berkas pendaftaran ke DPD Partai Nasdem. foto: Ali Bustomi

KUDUS (SUARABARU.ID) – DPD Partai Nasdem Kabupaten Kudus menegaskan hanya akan membawa berkas Samani-Bellinda untuk diajukan ke DPP guna mendapatkan rekomendasi sebagai calon bupati dan wakil bupati dalam Pilkada Kudus 2024. Keputusan tersebut dihasilkan dalam rapat pleno pengurus DPD Partai Nasdem yang digelar Rabu (8/5).

Ketua DPD Partai Nasdem Kudus, Superiyanto mengatakan sesuai jadwal tahapan yang telah diumumkan, penjaringan calon bupati partainya secara resmi ditutup pada Selasa (7/5). Dari jadwal tersebut, hanya pasangan Samani-Bellinda saja yang sudah mengembalikan berkas secara lengkap.

Oleh karena itu, berdasarkan hasil rapat pleno pengurus, hanya berkas keduanya Samani-Bellinda saja yang akan diproses untuk mendapatkan rekomendasi dari DPP.

“Sampai batas akhir pendaftaran, hanya ada dua nama Samani-Bellinda yang merupakan satu paket pasangan calon bupati dan wakil bupati,”kata Superiyanto.

Superiyanto mengakui sebenarnya ada banyak nama yang mengambil berkas pendaftaran di partai Nasdem. Nama-nama tersebut diantaranya adalah H Masan, H Mawahib, hingga mantan bupati Hartopo.

Namun, sampai batas akhir waktu pengembalian, mereka tak kunjung mengembalikan berkas. Meski pihak Masan dan Mawahib sudah menginformasikan akan mengembalikan berkas pada Rabu (8/5) hari ini.

“Sebenarnya Masan dan Mawahib mau mengembalikan berkas hari ini. Tapi karena sudah terlambat, berkas tidak akan kami proses ke DPP untuk permohonan rekomendasi,”tukasnya.

Superiyanto mengakui, dengan kondisi tersebut, maka pasangan Samani-Bellinda memiliki peluang  besar untuk mengantongi rekomendasi dari Partai Nasdem.

“Ya kalau sesuai usulan, tentu rekomendasi besar kemungkinan akan jatuh ke Samani-Bellinda,”tandasnya.

Disinggung mengenai adanya kemungkinan calon lain untuk melakukan komunikasi dengan DPW dan DPP, Superiyanto mengaku hal tersebut bisa saja terjadi.

Namun, dari tradisi di partainya, kemungkinan calon tersebut bisa mendapatkan rekomendasi sangat sulit.

“DPP sudah menjamin bahwa rekomendasi calon akan mempertimbangkan usulan dari DPD. Jadi kalau ada calon lain yang langsung by pass ke atas, ya silahkan saja,”tandasnya.

Sebagaimana diketahui, Samani Intakoris dan Bellinda Putri Birton adalah calon yang sudah mendeklarasikan diri untuk maju sebagai pasangan calon bupati dan wakil bupati. Saat mendaftar ke beberapa partai, keduanya selalu bersama dan satu paket.

Jika rekomendasi dari Partai Nasdem bisa dikantongi, maka Samani-Bellinda sudah memiliki bekal tiga kursi DPRD sebagai tiket untuk mendaftar ke KPU.

Selain Partai Nasdem, Samani-Bellinda juga memiliki peluang besar untuk meraih rekomendasi dari PAN. Ini terlihat dengan hanya Samani-Bellinda saja yang diundang saat launching proses penjaringan di PAN.

Dengan demikian, keduanya akan memiliki dukungan 6 kursi DPRD dari Sembilan kursi DPRD yang menjadi syarat untuk bisa mendaftar sebagai calon bupati dan wakil bupati dalam Pilkada Kudus 2024.

Ali Bustomi