K.R.T. Hendro Suryo Kartiko, S.Sn.

JEPARA (SUARABARU.ID) – Budayawan dan seniman Jepara, KRT Hendro Suryo Kartiko, S.Sn yang akrab di sapa Ki Dalang Hendro Carito Gunoporo mengaku secara pribadi mendukung pencalonan Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Ahmad Luthfi untuk maju menjadi Calon Gubernur (Cagub) Jawa Tengah pada Pilkada 2024.

Hal tersebut disampaikan ketua Yayasan Marga Langit Jepara ini saat ditemui SUARABARU.ID dikediamannya di Dukuh Klumosari, Desa Banjaragung, Kecamatan Bangsri Selasa (7/5-2024) pagi. Ada sejumlah pertimbangan mengapa ia mendukung Ahmad Luthfi maju di Pilgub Jateng yang akan digelar tanggal 27 November mendatang.

“Ia memiliki rekam jejak pengadiannya yang cukup lama di Jawa Tengah, mulai Kapolres Batang, Surakarta hingga Kapolda Jateng dengan capaian kinerja yang baik, yaitu terwujudnya kamtibmas yang baik diseluruh wilayah Jawa Tengah,” ujarnya. Dengan kamtibmas yang mantap dan kondusif, semua bidang dapat bergerak maju, tambah Hendro yang juga menjadi Ketua Persaudaraan Masyarakat Adat Nasional Indonesia (Permadani) Jepara.

Bukan hanya itu menurut Hendroyono Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Ahmad Luthfi ini juga memiliki kedekatan dengan ulama, tokoh masyarakat, kalangan pengusaha dan juga para pelaku seni dan budayawan.

Harapan kami jika insyaalah terpilih nanti ia akan mengayomi para seniman dan budayawan agar kegiatan berkesenian di Jawa Tengah tumbuh ngremboko, termasuk para pelaku seni tradisi yang potensinya sangat besar di Jawa Tengah.

“Kami ingin mendapatkan pengayoman dan fasilitasi hingga kami dapat mengembangkan kreativitas kami dalam menghibur masyarakat dan sekaligus menjaga budaya Jawa yang adhiluhung,” ujar Hendroyono yang juga menjabat sebagai Ketua Persatuan Pedalangan Indonesia (Pepadi) Jepara

Hadepe