blank
Ketua PMI Kebumen Sabar Irianto memasang tanda peserta kepada anggota PMR Mula, di halaman SMAN2 Kebumen,,Minggu 5/5.(Foto:SB/Hms PMI Kbm)

KEBUMEN (SUARABARU.ID) – Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Kebumen menggelar olimpiade Palang Merah Remaja (PMR) ke-VI Tingkat Kabupaten Kebumen, Minggu (5/5).

Kegiatan melibatkan 336 peserta. Olimpiade PMR PMI Kebumen ini sukses diikuti PMR tingkat Mula (SD/MI), PMR Madya (SMP/MTs), dan PMR Wira (SLTA) se Kabupaten Kebumen. Para peserta antusias menyambut kegiatan yang  berlangsung di SMA N 2 Kebumen.

Turut Hadir dan membuka Olimpiade PMR 2024 Ketua PMI Kebumen Sabar Irianto, serta Pengurus Kabid PB dan Relawan, Staf PMI Kebumen, Relawan KSR, TRS dan Forum Pembina.

Ketua PMI Kebumen Sabar Irianto sekaligus menjadi Pembina apel pembukaan. Dalam sambutannya Sabar Irinato mengungkapkan, kegiatan PMR setiap tahun terus meningkat, seperti ratusan peserta mengikuti olimpiade hari itu.

blank
Para peserta Olimpiade PMR PMI Kebumen 2024 bergembira memegang piala dan penghargaan, Minggu 5/5.(Foto:SB/Hms PMI Kbm)

“Saya lihat dari tahun ke tahun setiap kita adakan kegiatan bagi anak-anak PMR ini terus meningkat antusiasme. Terlebih saya juga mengikuti setiap tahun. Terus semangat untuk anggota PMR yang hadir, dan selamat mengikuti kegiatan,”ujar Sabar Irianto

Panitia menghadirkan lima item perlombaan untuk menguji kecakapan para peserta. Meliputi Wahana Kepalangmerahan, Pertolongan Pertama, Kesiapsiagaan Bencana, Seni Lukis  poster digital, dan Peraya (Pendidikan Remaja dan Sebaya).

Ketua Panitia Olimpiade PMR 2024 Dian Ariyanto menjelaskan teknis lima perlombaan tersebut. Untuk pertolongan pertama, peserta diuji dengan praktik langsung menggunakan alat-alat PP,

Kesiapsiagaan bencana, para peserta mempresentasikan menggunakan minatur kerentanan bencana di sekitar sekolah. “Kemudian untuk wahana kepalangmerahan dengan mengerjakan soal, dan untuk seni lukis dan design poster digital peserta mendesain menggunakan aplikasi”jelas Dian Ariyanto.

Arifka Putra Salah, seorang peserta olimpiade mengakui, dirinya sangat senang dan merasa menambah wawasan mengikuti kegiatan tersebut karena sangat bermakna dan menginspirasi.

“Saya Arifka putra dari SMP N 1 Karangsambung sangat senang mengikuti Olimpiade PMR di tahun ini. Bisa belajar bareng dengan ibu pembina sebelumnya dan hari ini sangat tambah ilmunya,”ucap Arifka.

Olimpiade PMR kali ini merupakan olimpiade kali keenam yang diadakan PMI Kebumen dengan mengambil tema Ceria, Responsive dan Terampil.

Kegiatan diakhiri dengan apel penutupan dan pemberian tropi penghargaan kepada seluruh sekolah dan bagi para juara setiap mata lomba.

Komper Wardopo