blank
Lulusan terbaik dari program studi yang ada di SMKN 3 Jepara bersama Kepala Sekolah Sunaji

JEPARA (SUARABARU.ID) – Kelulusan merupakan momen yang sangat dinantikan oleh para siswa yang telah menempuh pembelajaran selama kurang lebih tiga tahun di bangku sekolah.  Seringkali kita melihat berbagai acara meriah yang digelar demi merayakan momen ini, namun berbeda di SMK Negeri 3 Jepara.

Sekolah yang tahun ini menjadi juara umum LKS (Lomba Kompetensi Siswa) dan POR (Pekan Olahraga) tingkat Kabupaten ini menggelar acara pelepasan kelas XII Tahun Pelajaran 2023-2024 dengan sederhana namun tetap khidmat.

Acara hari ini, 7 Mei 2024 juga dijadikan sebagai kesempatan oleh sekolah untuk menyerahkan kembali 454 siswa yang telah genap belajar dan memperoleh predikat lulus dari sekolah kepada Orangtua/Wali siswa. Kegiatan ini mengundang perwakilan dari Orangtua/Wali siswa dari 7 Kompetensi Keahlian yang merupakan lulusan terbaik

blank
Pelepasan berlangsung khitmad

Sunaji selaku Kepala SMK Negeri 3 Jepara menyampaikan beberapa poin pesan untuk para lulusan yang setelah kegiatan ini akan menjadi alumni. Dia menyampaikan bahwa “Success is the journey not a destination” yang artinya sukses adalah perjalanan bukanlah tujuan. Hal ini mengandung maksud bahwa manusia sukses akan terus belajar, berproses menjadi lebih baik dan tidak berhenti.

Pesan penting berikutnya adalah agar para alumni dapat tetap menjaga almamater, mengangkat nama besar SMK Negeri 3 Jepara dengan akhlakul karimah dan kesuksesan yang mereka raih.

Prosesi berupa acara seremonial dengan pengalungan tanda kelulusan kepada 454 siswa lulusan dari 7 Kompetensi Keahlian Tahun Pelajaran 2023/2024 oleh wali kelas dan Ketua Kompetensi Keahlian. Berdasarkan Surat Keputusan yang pada acara ini dibacakan oleh Irfan Haqiqi, 454 siswa dinyatakan lulus yang terdiri dari 70 siswa dari kompetensi Teknik Komputer dan Jaringan, 70 siswa dari Kompetensi Keahlian Multimedia, 32 siswa dari Kompetensi Keahlian Produksi dan Siaran Program Televisi, 107 siswa dari Kompetensi Keahlian Akuntansi dan Keuangan Lembaga, 33 dari Kompetensi Keahlian Perbankan Syariah, 72 siswa dari Kompetensi Keahlian Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran, serta 70 siswa dari Kompetensi Keahlian Bisnis Daring dan Pemasaran.

Upacara dilaksanakan di lapangan utama yang dihadiri oleh semua guru karyawan, 454 lulusan, dan tujuh perwakilan orang tua wali siswa lulusan terbaik masing-masing kompetensi keahlian.

Acara penglepasan ditutup dengan persembahan lagu terimakasih guruku dan pembacaan Panca Prasetia Alumni yang diwakili oleh M. Haidar Ali, dan diikuti oleh seluruh alumni, yang merupakan janji dari alumni apabila mereka nantinya meninggalkan sekolah menuju kehidupan masyarakat.

Hadepe –  Zuriyati guru SMK Negeri 3 Jepara