Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Jepara menggelar pertemuan koordinator paguyuban donor darah

JEPARA (SUARABARU.ID)- Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Jepara menggelar pertemuan koordinator paguyuban donor darah guna memperkuat ketersediaan pasokan darah yang konsisten. Pertemuan yang berlangsung di kantor Unit Donor Darah (UDD) PMI Kabupaten Jepara Jalan Ngasirah No. 99 Desa Mulyoharjo hari ini, Kamis (2/5).

Ketua PMI Jepara, Sutejo saat membuka rakor

Dalam sambutannya, Ketua PMI Jepara, Sutedjo, menegaskan betapa pentingnya kerja sama antar berbagai pihak terkait demi memastikan pasokan darah yang memadai untuk kebutuhan medis di Jepara. “Saya mengapresiasi sepenuhnya partisipasi dari berbagai elemen masyarakat dalam menjaga ketersediaan darah yang konsisten. Kolaborasi ini menjadi kunci utama dalam memastikan bahwa setiap pasien mendapatkan akses yang memadai terhadap darah yang mereka butuhkan ketersediaan darah yang cukup dan cepat menjadi faktor penentu dalam penyembuhan pasien,” ujar Sutejo yang akrab dipanggil Eyang Tedjo.

Sudi Siswanto salah satu koordinator donor darah

Ia ┬ájuga menyampaikan terima kasih kepada para ketua dan pengurus paguyuban donor darah se-Jepara yang telah menjadi motor penggerak dalam pelaksanaan kegiatan donor darah di wilayah masing-masing. “Peran serta aktif dari paguyuban donor darah sungguh sangat berarti dalam menjaga ketersediaan darah di Jepara,” tambahnya.

Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Jepara menggelar pertemuan koordinator paguyuban donor darah guna memperkuat ketersediaan pasokan darah yang konsisten

Tak hanya itu, Ketua PMI juga tidak lupa untuk mengakui kemungkinan adanya kekurangan dalam pelayanan, seperti sikap staf yang kurang ramah, jutek, atau kurang disiplin dalam menjaga ketepatan waktu. “Saya menyampaikan permohonan maaf atas segala ketidaknyamanan tersebut. Kami berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan kami agar dapat lebih responsif dan berkualitas,” paparnya.

Sebanyak 74 paguyuban donor darah hadir dalam rakor yang bertujuan untuk meningkatkan sinergi antar-paguyuban donor darah dipandu oleh Asrori sebagai moderator, dengan narasumber dr. Murtono (Kepala Unit Donor Darah (UDD) PMI Kabupaten Jepara), dan dr. Pujiyanto Basuki, M.MR. (Kabid pencari dan pelestari donor darah sukarela)

Pengurus PMI Jepara

Rapat koordinasi ini juga menjadi forum bagi paguyuban donor darah untuk saling berbagi pengalaman dan strategi dalam mengatasi berbagai tantangan yang dihadapi dalam kegiatan donor darah. Langkah-langkah konkret kemudian dirumuskan untuk meningkatkan partisipasi masyarakat serta memastikan ketersediaan darah yang cukup di Jepara

PMI Jepara berharap bahwa melalui upaya bersama ini, ketersediaan darah di Jepara dapat terjamin secara berkelanjutan, sehingga setiap orang yang membutuhkan transfusi darah dapat mendapatkan pelayanan yang memadai dan tepat waktu.

Hadepe – Asrori