blank
Penata Penanggulangan Bencana Ahli Muda BPBD Jawa Tengah, Drs Sudarsono Agus Sarwono MPd (kedua dari kiri), memberikan apresiasi KKN Tematik Kebencanaan yang dilakukan USM (USM).Foto: dok/usm

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Penata Penanggulangan Bencana Ahli Muda Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pemprov Jawa Tengah, Drs Sudarsono Agus Sarwono MPd, memberikan apresiasi KKN Tematik Kebencanaan yang dilakukan Universitas Semarang (USM).

Hal itu disampaikan Sudarsono, dalam Sosialisasi KKN Tematik Kebencanaan USM, di Ruang Teleconference Lantai 8, Gedung Menara Prof Dr H Muladi SH, di Kampus USM, Senin (29/4/2024).

Menurut dia, kegiatan itu akan menjadikan KKN Tematik Kebencanaan USM sebagai role model, ketika BPBD Pemprov Jateng melakukan sosialisasi peluang tematik sebagai KKN. Model ini juga bisa dilakukan ke PTN dan PTS lain di wilayah Jateng.

BACA JUGA: RSUD Kudus Tambah Alat Canggih, Atasi Wasir dengan Laser Hemorhoidoplasty

blank
Beberapa peserta sosialisasi kebencanaan berfoto bersama narasumber. Foto: dok/usm

Bentuk-bentuk kegiatan KKN Kebencanaan antara lain, pembentukan Desa Tangguh Bencana (Destana), Keluarga Tangguh Bencana, Peringatan Dini, Penanganan Darurat Bencana dan Pemulihan Pasca-Bencana.

Dalam sosialisasi ini dihadiri perwakilan dari LLDikti Wilayah VI, BPBD Jateng, Lurah Genuksari (Kecamatan Genuksari), Lurah Mlatibaru (Kecamatan Semarang Timur), Lurah Penggaron Kidul (Kecamatan Pedurungan), Lurah Ngemplak Simongan (Kecamatan Semarang Barat).

Lalu ada pula Lurah Cabean (Kecamatan Semarang Barat), Lurah karanganyar (kecamatan Tugu), Lurah Wonotingal (Kecamatan Candisari), Lurah Purwodinatan (Kecamatan Semarang Tengah), serta Ketua, Sekretaris dan Tim LPPM USM.

BACA JUGA: Menpan RB Sidak Pelayanan Kesehatan RSWN

Sementara itu, Ketua LPPM USM, Prof Dr Ir Mudjiastuti Handajani MT menyampaikan, KKN Tematik ini durasinya dua bulan, dimulai pada 11 Juni sampai 9 Agustus 2024.

”SKS KKN Tematik Kebencanaan/BPBD terkonversi dalam 10 SKS, terdiri dari mahasiswa S1 Ilmu Hukum, S1 Teknik Sipil, S1 Teknik Elektro, S1 Perencanaan Wilayah dan Kota, S1 Psikologi, S1 Sistem Informasi dan S1 Teknik Informasi,” tegasnya.

Riyan