blank
Warga Jepara memadati Alun-alun 1 untuk menyaksikan pemutaran Film Kartini.

JEPARA (SUARABARU.ID)- Antusiasme warga Jepara dalam memperingati Hari Kartini sangat luar biasa. Beberapa rangkaian acara yang diselenggarakan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jepara mampu menarik animo masyarakat.

Bahkan pemutaran film R.A Kartini yang digelar di Alun-alun 1 Jepara pada Minggu malam (28/4/2024) sangat dinikmati oleh masyarakat yang datang berduyun-duyun hanya untuk menonton film yang dibintangi oleh Dian Sastrowardoyo itu.

Suasana seketika tenang saat film mulai diputar, sekitar pukul 19.20. Hanya ada suara dialog para aktor drama, yang terkadang diselingi dengan musik yang melatari. Nonton bareng atau nobar malam itu dibuka dengan pentas musik dan tari tradisional.

blank

Bukan hanya masyarakat biasa, orang-orang penting di pemerintahan juga turut hadir. Penjabat Bupati Jepara H. Edy Supriyanta bersama istri, juga jajaran Forkopimda serta para pejabat teras ada di lokasi.

Alur kisah nyata perjuangan R.A. Kartini dalam sebuah film mampu menjadi magnet ketertarikan para penonton. Kontribusinya yang besar dalam memperjuangkan kesetaraan gender wanita dan pendidikan.

“Kartini berjuang sepanjang hidupnya untuk memperjuangkan kesetaraan hak bagi semua orang, dan hak pendidikan bagi semua orang, terutama untuk perempuan,” kata Pj. Bupati Jepara.

Tak terasa film berdurasi hampir dua jam itu selesai. Film bergenre drama keluarga biografi tersebut berhasil membius ribuan orang yang datang. “Kita patut meneladani sikap positif yang dimiliki Ibu Kartini,” ujarnya.

ua/diskominfo