blank
Ketua Kwarran Bangsri, Kak Yatena, S.Pd., MM bersama para juara

JEPARA (SUARABARU.ID) – Ranting (Kwarran) Gerakan Pramuka Bangsri menggelar Lomba Pramuka Garuda berprestasi/ Eagle Scout Award (ESA) Tahun 2024 di Sanggar Kwarran Bangsri yang beralamat di Jalan Wijaya Kusuma No.2 Bangsri,  Jumat 26 April 2024

Kegiatan seleksi ESA tingkat kwarran ini diikuti oleh gugus depan pangkalan SD/sederajat, SMP/sederajat, dan SMA/sederajat yang ada di wilayah Kwarran Bangsri.

Ketua Kwarran Bangsri, Kak Yatena, S.Pd., MM.,  membuka secara resmi proses dimulainya seleksi calon peserta ESA Tahun 2024. “Calon peserta seleksi ini terdiri dari utusan gugus depan yang ada di Kwarran Bangsri,” ujarnya.

blank

Ia menjelaskan bahwa seleksi dilakukan secara terbuka bagi semua gugus depan agar sebaran peserta nantinya merata. “Setiap gugus diharapkan untuk mengirim perwakilan dan kemudian mengikuti proses seleksi dengan berbagai tahapan yaitu; verifikasi portofolio dan penilaian essai/ tulisan pendek berjudul Proses Menjadi Pramuka Garuda, ” terangnya.

Tujuan dari ESA diantara nya untuk memberikan kesempatan kepada anggota muda gerakan Pramuka untuk  terus meningkatkan kompetensi diri, supaya menjadi tunas-tunas bangsa yang cerdas, tangguh, serta mandiri, sehingga diharapkan mampu menjawab tantangan jaman.

Seleksi dilakukan untuk memilih juara 1 pa dan pi dari masing-masing golongan baik siaga, penggalang, dan penegak.  Sedangkan proses seleksi ESA dilakukan dalam 2 tahap selama 2 hari. Tahap pertama tanggal 25 April penilaian portofolio. Sedangkan tahap ke 2 dilaksanakan pada tgl 26 April 2024, meliputi kemampuan dalam penguasaan IT, pengetahuan umum dan kepramukaan, menampilkan bakat seni, menunjukkan bakat yg dimiliki, serta wawancara.

Setelah dilakukan penilaian selama 2 hari dengan seksama oleh tim Juri dari andalan Kwarran Bangsri, maka muncul skor nilai yang selanjutnya digunakan untuk penentuan juara.

Secara berurutan berikut juara 1 putra dan juara putri yaitu; Golongan Siaga yaitu Fawwas AR ( utusan SDN 6 Bangsri) dan  Farah AN (utusan SDN 2 Krasak). Untuk Golongan Penggalang  diraih oleh Alfian Surya Pratama (SMPN 2 Bangsri) dan Aulia Salwa Salsabila (SMPN 2 Bangsri), Sementara  Golongan Penegak: Taqwana HT (utusan SMAN I Bangsri) dan  Wahyu Setya Muly (utusan SMKN I Bangsri)

Mereka berenam ditetapkan sebagai juara 1 dan berhak untuk mewakili Kwarran Bangsri  mengikuti Lomba Pramuka Garuda Berprestasi (ESA)  di tingkat kwarcab Jepara. “Mudah – mudahan  6 Pramuka Garuda hasil seleksi ESA dari Kwartir ranrting Bangsri ini akan sukses dan meraih juara lagi di tingkat Kwarcab Jepara, yang akan dilaksanakan pada tanggal 11 Mei 2024 nanti,” pungkas Kak Yatena

Hadepe – Humas Kwarran Bangsri