Para peserta WEC offline bootcamp berfoto bersama usai mengikuti pelatihan UMKM selama tiga hari. (foto wec)

SURAKARTA (SUARABARU.ID) – Women Ecosystem Catalyst ( WEC ) menyelenggarakan offline bootcamp business 2024 bertempat di Hetero Space Solo. Acara ini diselenggarakan oleh Sampoerna untuk Indonesia bersama dengan Perkumpulan Imajinasi Penaja Mula dan Dinas Koperasi UMKM Provinsi Jawa Tengah.

Ketua pelaksana program Women Ecosystem Catalyst (WEC), Agung Pambudi, menyampaikan bahwa Women Ecosystem Catalyst (WEC) tahun 2024 ini spesial karena untuk pertama kalinya, Women Ecosystem Catalyst (WEC) bekerjasama dengan Sampoerna untuk Indonesia bersama dengan Perkumpulan Imajinasi Penaja Mula dan Dinas Koperasi UMKM Provinsi Jawa Tengah.

“Tahun ini cukup spesial, karena untuk kali pertama kerjasama antara Sampoerna untuk Indonesia, Dinas Koperasi UKM Provinsi Jawa Tengah dan Perkumpulan Imajinasi Penaja Mula mencetuskan program inkubasi bisnis khusus perempuan,” katanya.

Angung lebih jauh menjelaskan, program ini diharapkan bisa menjadi jalan bagi para Womenpreneur dari seluruh Indonesia untuk bisa mengembangkan diri dan juga mengembangkan bisnisnya.

“Saat ini WEC tengah melaksanakan tahapan bootcamp yang merupakan kegiatan perdana di level Nasional dengan mendatangkan 20 pebisnis perempuan dari seluruh Indonesia. Setelah itu para peserta akan menjalani proses mentoring sampai grooming sampai akhirnya nanti peserta akan menjalani final day di bulan Juni 2024,” katanya.

Kepala Dinas Koperasi UMKM Provinsi Jawa Tengah, Eddy S. Bramiyanto, yang turut hadir dalam acara mengungkapkan kebanggaan dan sukacitanya karena dapat bertemu dengan para perempuan penggiat bisnis di Indonesia.

“Alhamdulillah hari ini kami bisa bertemu dengan ke 20 besar peserta dari Women Ecosystem Catalyst Yang luar biasa, para perempuan – perempuan tangguh dari seluruh Indonesia. Harapannya, melalui WEC ini akan semakin tumbuh, semakin baik, dan menjadi branding luar biasa, untuk karya perempuan Indonesia, untuk Indonesia,” katanya.

Lebih Lanjut, Eddy juga mengungkapkan rasa terima kasihnya terhadap Sampoerna untuk Indonesia atas diselenggarakannya acara Women Ecosystem Catalyst (WEC).

Menurutnya, acara ini dapat menjadi wadah bagi perempuan – perempuan dari segala usia di Indonesia bagi yang hendak berkarir di bidang bisnis maupun yang memiliki keinginan untuk dapat memajukan bisnisnya.

Sebanyak 20 peserta perempuan dari kalangan Ibu Rumah Tangga, Mahasiswi, maupun perempuan yang berkarir di bisnis lolos seleksi untuk dapat mengikuti bootcamp.

Salah satu yang hadir adalah Tri Suhartini, pemilik usaha bernama Ecovivo Daya Lestari yang bertujuan menciptakan berbagai produk kebersihan diri, diproduksi tanpa bahan Kimia pabrikan dan pembungkus yang dapat mencemari lingkungan ini mengikuti kegiatan WEC dengan tujuan untuk memajukan bisnisnya di bidang ekologi.

Tri mengatakan bahwa dia merasa senang sekali dapat terpilih di bootcamp WEC kali ini karena dengan ini dia banyak belajar dan berkonsultasi secara langsung dengan para mentor dan asesor.

Pelaksanaan Bootcamp Women Ecosystem Catalyst di Hetero Space, Solo dilaksanakan pada 22-24 April 2024. Memasuki hari ketiga, rangkaian kegiatan bootcamp Women Ecosystem Catalyst (WEC) mendapatkan respon positif dari banyak pihak, diantaranya juga dari peserta dan para mentor.

Selama 3 hari, para peserta belajar seputar produk bisnis, tata kelola bisnis, branding, marketing, dampak bisnis bagi lingkungan dan sosial, serta keuangan.

HP