blank
Ruas jalan Kebumen-Sadang sempat tertutup pohon pinus yang tumbang pada Minggu (21/4) lalu, kini telah pulih.(Foto:SB/Humas Polres Kbm)

KEBUMEN (SUARABARU.ID) – Hujan disertai angin yang mengguyur Kecamatan Sadang, di Kebumen utara, menyebabkan pohon pinus tumbang dan menutup akses jalan Kebumen-Sadang, pada Minggu (21/4).

Kapolres Kebumen AKBP A Recky Robertho melalui Kasi Humas Polres AKP Heru Sanyoto mengungkapkan, pohon pinus yang tumbang di blok hutan pinus Buncing Desa Seboro, Kecamatan Sadang, sudah dievakuasi dan warga kini telah bisa melintas seperti biasa.

“Sore kita mendapatkan informasi pohon tumbang, langsung kita datang ke lokasi melakukan evakuasi melibatkan BPBD, Polhut, Pemdes setempat, serta Polsek Sadang,”jelas AKP Heru, Senin (22/4).

blank
Petugas Polsek Sadang bersama BPBD Kebumen memotong pohon pinus yang menutup jalan.(Foto:SB/Humas Polres Kbm)

Menurut Kasi Humas, pohon sempat menimpa tiang listrik sehingga menyebabkan percikan api. Namun dari kejadian itu tidak ada korban jiwa. Kebakaran hutan juga tidak terjadi karena cepatnya penanganan.

Petugas segera memotong pohon yang menghalangi jalan dengan gergaji menggunakan mesin chainsaw, lalu memindah potongan kayu pinus ke tepian jalan.

Lokasi pohon tumbang termasuk jalur utama penghubung Kebumen-Sadang, dsekitar 35 kilometer utara Kebumen sehingga evakuasi langsung dilakukan saat itu juga setelah tim gabungan mendapatkan informasi warga.

“Masyarakat sudah bisa melintas dengan aman. Arus lalu-lintas kembali normal. Namun pesan kami jika cuaca buruk agar waspada. Karena bukan hanya pohon tumbang, daerah tersebut juga rawan longsor,”ujar AKP Heru Sanyoto mengingatkan.

Komper Wardopo