Kabaglog Polres Kompol Hari Harjanto memainkan ukele di Pos Terpadu Alun-alun, Senin 8/4.(Foto:SB/Humas Polres Kbm)

KEBUMEN (SUARABARU.ID) – Mungkin belum banyak yang tahu Kabaglog Polres Kebumen Kompol Hari Harjanto mahir memainkan alat musik ukulele dan kerap bermain musik keroncong.

Bahkan bersama group musik keroncong The Generation Kebumen, Kabaglog tampil di stand Pos Terpadu Alun-alun Kebumen, mampu menghibur pengunjung Alun-alun melalui lagu keroncong, pada Senin (8/4).

Tak sedikit pengunjung Alun-alun Pancasila Kebumen, termasuk para pemudik, menikmati alunan musik keroncong yang dibawakan dengan nada yang apik oleh grup The Generation.

Kapolres Kebumen AKBP A Recky Robertho melalui Kasi Humas Polres AKP Heru Sanyoto mengungkapkan, tampilnya The Generation menghibur di tengah lelahnya para pemudik yang beristirahat di Alun-alun.

Gup musik kerocong The Generation manggung di Pos Terpadu Alun-alun Kebumen, Senin 8/4.(Foto:SB/Humas Polres Kbm)

“Sambutan masyarakat bagus. Sembari istirahat, para pemudik atau perantau bisa menyaksikan musik keroncong yang dibawakan Kabaglog bersama The Generation,”jelas AKP Heru, Selasa (9/4)

Mulai dari lagu lawas, lagu baru, hingga pop modern dikemas menjadi genre musik keroncong yang ngetren dan rancak sehingga enak di telinga.

Kapolres Kebumen AKBP Recky Robertho bersama PJU Polres serta Dandim Kebumen Letkol Czi Ardianta Purwandhana pun menyempatkan menyaksikan penampilan live musik tersebut.

Bahkan Letkol Czi Ardianta Purwandhana beberapa kali membawakan lagu di atas panggung.

“Penyegaran perlu dilakukan. Jadi ini selingan di tengah penugasan pengamanan rangkaian mudik Lebaran,”pungkas AKP Heru.

The Generation merupakan salah satu grup musik keroncong yang masih bertahan di Kebumen.

Di tengah banyaknya genre musik modern saat ini, The Generation konsisten dengan musik keroncongnya. Pernag beerapa kali tampi di RRI Purwokerto dan Taman Budaya Jawa Tengah di Surakarta.

Selain untuk mempertahankan budaya, The Generation ikut memberikan pesan Kamtibmas kepada masyarakat. Di Kebumen memang masih ada beberapa grup keroncong yang bertahan di bawah naungan Himpunan Musik Keroncong Indonesia (Hamkri) Cabang setempat.

Polres Kebumen pun mampu merangkul The Generation dan menjadikannya sebagai wadah menyampaikan pesan kedamaian agar masyarakat menghindari pelanggaran hukum melalui musik asli Indonesia tersebut.

Bahkan Hari Harjanto yang piawai main ukelele ini telah jadi motor Hamkri Kebumen serta bergabung dengan The Generation sejak masih berpangkat AKP, sebagai Kasat Resnarkoba Polres Kebumen.

Komper Wardopo