blank
Direktur Pemasaran Regional PT Pertamina Patra Niaga, Mars Ega Legowo Putra, bersama jajaran manajemen melakukan pemantauan langsung ke pangkalan LPG 3 kg di Kota Semarang, Selasa (9/4/2024). (foto pertamina)

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Guna memastikan ketersediaan liquified petroleum gas (LPG) 3 kg di masyarakat, Direktur Pemasaran Regional PT Pertamina Patra Niaga melakukan pemantauan langsung ke pangkalan LPG 3 kg di Kota Semarang.

Pangkalan LPG 3 kg yang dikunjungi adalah Pangkalan Podomoro. di Kecamatan Semarang Selatan, Kota Semarang, Jawa Tengah (Jateng) pada hari Minggu (7/4/2024).

“Kunjungan kali ini dilakukan guna memastikan stok LPG 3 kg di pangkalan resmi tersedia untuk masyarakat. Penambahan pasokan LPG 3 kg juga telah dilakukan PT Pertamina Patra Niaga untuk antisipasi kebutuhan masyarakat pada Ramadhan dan Idul Fitri atau Lebaran 2024,” kata Mars Ega Legowo Putra, Direktur Pemasaran Regional PT Pertamina Patra Niaga.

Ega juga mengatakan Pertamina Patra Niaga telah menambah pasokan LPG 3 kg sebanyak 22.087 metrik ton atau setara dengan 7,36 juta tabung untuk antisipasi peningkatan kebutuhan masyarakat saat Ramadhan dan Idul Fitri 2024.

“Saat ini, Harga Eceran Tertinggi (HET) LPG 3 kg yang ditetapkan oleh Gubernur Jateng adalah sebesar Rp 15.500 per tabung dan harga ini yang harus dijual ke masyarakat,” jelas Ega.

Selain melakukan pengecekan stok, Ega juga memastikan kelancaran transaksi pembelian LPG 3 kg dengan menggunakan subsidi tepat MyPertamina, dimana untuk membeli LPG 3 kg diharuskan untuk menunjukkan kartu tanda penduduk (KTP) yang akan didata dan dicatatkan oleh pangkalan.

Sementara itu, pemilik Pangkalan Podomoro, Ninik Linawati mengungkapkan untuk stok LPG di Pangkalan Podomoro aman dan menjual LPG 3 kg sesuai HET.

“Kami melayani pembeli sesuai dengan aturan yang ditetapkan di mana pembeli LPG 3 kg diharuskan untuk membawa KTP ketika melakukan transaksi. Kami juga menginfokan untuk stok tidak ada masalah dan pasokan dari agen lancar,” tutur Ninik.

Executive General Manager Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Tengah, Aji Anom Purwasakti mengungkapkan, untuk Provinsi Jateng dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) lebih dari satu juta tabung ditambahkan pada bulan April 2024.

“Kami harapkan dengan penambahan stok yang dilakukan dapat memenuhi kebutuhan masyarakat terutama menjelang Lebaran Idul Fitri 2024,” tutur Aji Anom.

HP