blank
Kiai Darodji (kanan), saat memberikan tausiahnya di Kantor Baznas Jateng, yang dihadiri sejumlah pengurus MUI dan awak media. Foto: riyan

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jawa Tengah, Dr KH Ahmad Darodji MSi, mengajak umat Islam untuk meningkatkan solidaritas dan saling membantu. Baik dalam hal menjaga kesehatan, keamanan, ketertiban, kebutuhan hidup mereka yang terdampak musibah.

Demikan tausiah yang disampaikannya, merayakan Ramadan dan Idul Fitri 1445 H/2024, yang dilakukan di Kantor Baznas Jateng, Semarang, Sabtu (30/3/2024). Tausiah itu ditandatangani Kiai Darodji, Sekretaris MUI Jateng KH Muhyiddin MAg, serta Ketua Fatwa Dr KH Fadlolan Musyaffa’ bersama Sekretaris Prof Dr KH Ahmad Izzuddin.

Dalam tausiahnya itu, Kiai Darodji juga mengajak untuk mengatasi dan meringankan beban warga yang dampak bencana alam. Pihaknya melalui Baznas, lembaga amil zakat, Unit Pengumpul Zakat (UPZ), dan lembaga lainnya, diimbau untuk meningkatkan perannya dalam menghimpun dan men-tasharuf-kan zakat mal dan zakat fitrah, infak, serta sedekah.

BACA JUGA: Over Kapasitas, 56 WBP Lapas Semarang Dipindahkan ke Pulau Nusakambangan dengan Pengawalan Ketat

”Penghimpunan zakat, baik mal maupun zakat fitrah, sebaiknya disegerakan di dalam bulan Ramadan. Hal ini agar segera dapat didistribusikan kepada para penerima atau mustahik, khususnya yang terdampak bencana,” tambah Kiai Darodji yang juga menjabat sebagai Ketua Baznas Jateng itu.

MUI Jateng pun mengimbau umat Islam, agar menyongsong Idulfitri 1 Syawal 1445 H, dengan penuh rasa syukur. ”MUI juga mengajak umat Islam untuk mensyukuri nikmat, karena Insya Allah Hari Raya Idulfitri 1 Syawal 1445 H, akan bersamaan waktunya,” ungkapnya.

Riyan