blank
Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi bersama Kapolda Jateng, Irjen Pol Ahmad Luthfi saat Konferensi Pers terkait persiapan arus mudik di Jateng. Foto: Ning/SUARABARU.ID (31/3/2024)

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Kesiapan Polda Jateng dalam menghadapi arus mudik dan arus balik Lebaran 2024 mendapat apresiasi dari Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi.

Hal itu disampaikannya dalam Konferensi Pers usai mendengar paparan Kapolda Jateng, Irjen Pol Ahmad Luthfi terkait persiapan arus mudik dan balik di Jateng yang berlangsung di Mapolda Jateng, Minggu (31/3/2024).

“Dalam rapat tadi kita uji petik mengenai kesiapan tiga wilayah di Jawa Tengah menghadapi arus mudik masyarakat, yakni Brebes, Klaten dan Cilacap. Hasilnya lulus semua, saya harap ini terjadi di semua wilayah di Jawa Tengah,” ujar Menhub.

Menhub berharap, masyarakat yang menjalani mudik Lebaran dapat terlayani dengan baik. Untuk itu perlu adanya koordinasi yang baik dari para petugas di lapangan baik TNI-Polri serta seluruh stakeholder.

“Semuanya sudah dikoordinasikan oleh Kapolda dengan baik sekali terkait kesiapan menghadapi arus mudik. Diharapkan dapat sesuai dengan tagline mudik kali ini yaitu Mudik Ceria Penuh Makna. Insyaallah bisa kita laksanakan,” lanjutnya.

Satu hal yang menjadi perhatian Menteri Perhubungan terkait keamanan angkutan Lebaran di Jawa Tengah adalah jalur udara yang dinilainya masih rawan terganggu oleh tradisi balon udara.

“Satu lagi yang menjadi perhatian khusus untuk Jawa Tengah yakni balon udara. Ada dua tempat yang diperbolehkan yakni Pekalongan dan Wonosobo yang menjadi bagian dari wisata masyarakat, namun akan di lakukan pengawasan. Perlu diantisipasi agar tidak menggangu keamanan dan hal yang sama juga dilakukan di tempat lain,” ungkap Menhub.

Dirinya mengajak seluruh masyarakat untuk memahami bahaya jika nekat menerbangkan balon udara tanpa ijin yang berpotensi mengganggu jalur penerbangan.