blank
Kapolres AKBP Andi M Indra Waspada Amirullah (berdiri keempat dari kiri), foto bersama Muda-mudi Katolik dari Gereja Santo Yohanes Rasul, yang bersiap melaksanakan drama liturgi Jalan Salib di Gunung Gandul.(Dok.Humas Polres Wonogiri)

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Jumat (29/3), Kapolres Wonogiri AKBP Andi M Indra Waspada Amirullah, memimpin langsung pengamanan umat Kristiani yang menggelar ritual Jumat Agung. Yakni ritual dalam rangkaian Tri Hari Suci, yang meliputi Kamis Putih, Jumat Agung dan akan dilanjut Minggu Paskah.

Ritual Jumat Agung di Gunung Gandul wilayah Kelurahan Giriwono, Kecamatan dan Kabupaten Wonogiri, dilakukan oleh Muda-mudi Katolik dari Gereja Santo Yohanes Rasul. Menyajikan drama liturgi Jalan Salib, yang dikemas dalam bentuk teatrikal 13 stasi Sengsara Yesus Sang Penebus Dosa. Yang puncaknya, dilakukan penyaliban di lereng puncak Gunung Gandul Wonogiri.

Jalan Salib di Gunung Gandul ini, masuk dalam agenda enam tradisi perayaan Paskah di Indonesia. Keenam tradisi perayaan Paskah di Tanah Air itu, terdiri atas Kure di Nusa Tanggara Timur (NTT), Ziarah Kapel Tuan Ma dan Samana Santa (pekan Suci) di Larantuka Flores, Buha-buha Ijak di Sumatera Utara, Momento Mori di Kalimantan Tengah (Kalteng) dan Jalan Salib di Wonogiri (Jateng).

Kasi Humas Polres Wonogiri AKP Anom Prabowo, mengabarkan, Kapolres telah menerjunkan sebanyak 264  personel untuk mengamankan Tri Hari Suci dalam rangkaian peringatan Hari Raya Paskah 2024. Personel yang diterjunkan, bertugas mengamankan gereja-gereja dan tempat-tempat yang digunakan oleh umat Kristiani dalam merayakan Paskah.

Kepada seluruh personel yang terlibat dalam pengamanan Paskah, ditekankan untuk selalu meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan. Bersama itu, Kapolres Wonogiri juga mengimbau kepada para jemaat gereja, untuk tetap menjaga kondusifitas, agar terwujud keamanan selama perayaan Hari Raya Paskah berlangsung.

Selain itu, Polres Wonogiri juga melakukan sterilisasi gereja-gereja sebelum dipakai kegiatan ibadah. Sterilisasi ini, dilakukan untuk memastikan keamanan, demi menciptakan kenyamanan.

Kapolres juga mengimbau kepada seluruh masyarakat, untuk bersama-sama menjaga Kamtibmas di Wonogiri, agar tetap dalam situasi yang kondusif. Tujuannya, agar umat Kristiani yang merayakan Hari Raya Paskah, berlangsung aman dan nyaman.
Bambang Pur